blog-img
30/11/2023

5 CARA HIDUP AGAR TENANG DAN DAMAI

nayah | Tips & Trick

Hallo kawan Haswara..

Hidup tentram dan bahagia adalah dambaan setiap orang tidak peduli masih lajang maupun sudah berkeluarga, tua atau muda, kaya atau miskin, semua orang tentu memimpikan hal yang demikian. Tentram dan bahagia lebih tentang ke kedamaian pikiran dan hati bukan tentang seberapa banyak materi yang bisa membuat hidup lebih bahagia. Nah berikut adalah beberapa tips seperti dikutip dari situs Love & Peace yang mungkin bermanfaat untuk anda:

1. Latihan Lebih Banyak Bersyukur

Satu hal yang bisa mulai diterapkan adalah banyak beryukur dan berhenti mengeluh. Setiap bangun pagi, temukan paling tidak tiga hal untuk disyukuri. Seringkali kita menganggap sepele hal-hal yang penting hanya karena terbiasa terjadi setiap hari, misalnya bangun tidur dalam keadaan sehat, bisa sarapan dengan baik, sampai kantor dengan selamat dan lain sebagainya.

2. Berhenti Mengeluh

Cara kedua, masih nyambung dengan poin pertama, yaitu berhenti mengeluh. Mungkin sulit jika harus berubah drastis langsung berhenti, mulai dulu dengan mengurangi keluhan-keluhan kecil. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita toleransi gangguannya dan move on saja dengan hidup, misalnya jalanan macet, kopi kemanisan, atau panas terik siang hari. Hal-hal itu bisa kita bisa atasi dan tak perlu dipermasalahkan terlalu serius. Simpan waktu dan energimu untuk hal lain.

3. Lakukan Usaha Terbaik Setiap Hari

Daripada mempermasalahkan hal-hal di luar kendali kita, yang pada akhirnya hanya menimbulkan kelelahan fisik dan pikiran, lebih baik fokus pada hal-hal yang bisa kita kendalikan, yaitu melakukan usaha terbaik setiap harinya. Misalnya dalam pekerjaan, kamu selesaikan tugasmu dengan kinerja terbaik, urusan nanti dapat apresiasi atau tidak dari atasan, tak perlu berekspektasi berlebihan. Terapkan accept and move on, kalau dapat apresiasi ya bersyukurlah, kalau tidak ya berjalan saja seperti biasa.

4. Bertanggung Jawab atas Kehidupanmu

Cara keempat memulai hidup stoik lainnya adalah bertanggung jawab atas hidupmu sendiri. Jangan menyalahkan siapa pun atas masalah yang terjadi padamu. Sikap itu bukan hanya membuang-buang waktu dan energi serta berisiko menghancurkan hubungan baik dengan orang lain, tapi juga tidak masuk akal. Bahkan jika kamu tahu ada campur tangan orang lain sehingga kamu mengalami masalah, bangkit dan selesaikan masalah itu. Tidak peduli betapa sulitnya keadaan hidupmu, jangan putus asa.

5. Bahagia Seckupnya Sedih Sekadarnya

Apa pun yang berlebihan itu tidak baik, kamu pasti pernah mendengar kalimat ini kan? Itu juga yang berlaku dalam hidup stoic. Segala hal sebaiknya dinikmati dan dirasakan secukupnya atau dalam kadar wajar, termasuk rasa sedih dan bahagia. Bukan berarti jadi mati rasa atau bodoh amat, tapi ini mengajarkan kita untuk hidup seimbang dan memiliki kendali diri yang kuat. Saat menerima kebahagiaan, tertawa dan bersyukurlah, saat kecewa dan sedih, luapkan emosi secara masuk akal.

Bagikan Ke:

Populer