blog-img
23/06/2023

Kendala Perusahaan Dalam Proses Rekrutmen Karyawan

Rosa Linda Jati | Dunia Kerja

Hallo Kawan Haswara..      


Pada saat proses perekrutan, pelamar tentu menghadapi masalah mereka sendiri untuk bisa meyakinkan perusahaan akan kemampuan mereka. Tapi bukan hanya pelamar, tim perekrut pun memiliki hambatan dan tantangan rekrutmen mereka sendiri. Berikut ini kendala dalam rekrutmen yang biasa dihadapi perusahaan : 


1.    Employer Brand Tidak Kuat
Bukan hanya pelamar kerja yang harus menunjukkan kualitas dan brand mereka, tapi employer brand atau brand perusahaan juga penting. Pelamar kerja yang sudah memenuhi kualifikasi akan melihat perusahaan dari brand yang ditampilkan. Solusi membuat employer brand yang kuat adalah ciptakan laman resmi perusahaan yang menarik.


2.    Kurangnya Kandidat yang Berkualitas
Sebelum proses perekrutan, sudah terdapat rencana untuk merekrut kandidat berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tapi, ternyata tantangan saat proses rekrutmen adalah kurangnya kandidat yang berkualitas. Pelamar kerjanya mungkin banyak, tapi yang berkualitas belum tentu ada.


3.    Jangkauan Kandidat Terlalu Sempit
Masih berhubungan dengan poin yang kedua, kurangnya kandidat yang berkualitas bisa jadi disebabkan karena jangkauan kandidat yang terlalu sempit. Sebabnya mungkin karena promosi lowongan kerja yang kurang. Jadi tak banyak orang yang tahu bahwa perusahaan tersebut sedang mencari tenaga kerja.  


4.    Menargetkan Kandidat yang Pasif
Tidak semua orang bersikap aktif saat mencari kerja. Bahkan menurut riset yang pernah dilakukan LinkedIn, sebanyak 70% pencari kerja di seluruh dunia merupakan kandidat pasif. Jadi mereka yang aktif mencari kerja jumlahnya hanya 30% saja. Kandidat pasif tidak mencari, tapi mereka cenderung menunggu tawaran.


5.    Menarik Kandidat Tidak Tepat
Ini adalah masalah terbesar yang banyak dialami tim rekrutmen. Menarik kandidat yang tidak tepat biasanya baru disadari setelah karyawan sudah direkrut. Karena selama proses tes dan wawancara, waktu yang dihabiskan bersama pelamar kerja hanya sebentar. 


6.    Terbatasnya Staf Rekrutmen
Agar berhasil melakukan proses rekrutmen yang tepat sasaran, ini tidak hanya berlangsung saat tes atau wawancara. Dari sana tim rekrutmen bisa menentukan bagaimana mereka akan melakukan promosi lowongan kerja. Masalahnya, terkadang perusahaan kekurangan staf rekrutmen. Sementara perusahaan sedang membutuhkan proses rekrutmen besar-besaran. Kalau ini yang terjadi, mungkin saja perusahaan akan sangat kesulitan mengatur proses selanjutnya. Hasilnya bahkan jadi kurang akurat, akibatnya kandidat yang direkrut jadi kurang tepat untuk posisi yang ditawarkan.


7.    Proses Rekrutmen Terlalu Rumit
Proses rekrutmen memang harus dilakukan dengan perencanaan yang baik dan detail agar lebih tepat sasaran serta bisa mendapatkan kandidat yang diinginkan. Tapi bukan berarti proses rekrutmen itu harus rumit. Justru kalau terlalu rumit, ini akan menyulitkan pelamar kerja dan staf rekrutmen sendiri.


8.    Kualifikasi Terlalu Tinggi dan Tidak Realistis
Inilah pentingnya perencanaan dalam proses rekrutmen. Staf rekrutmen seharusnya bisa menentukan kualifikasi yang tepat untuk posisi yang dicari. Tidak perlu menyertakan kualifikasi yang terlalu tinggi dan tidak realistis, karena ini justru membuat lowongan kerja jadi terlihat tidak menarik.


9.    Kurangnya Pengalaman Staf Rekrutmen
Meski staf rekrutmen ada dan cukup, tapi mungkin belum berpengalaman. Akibatnya proses rekrutmen jadi berjalan kurang efisien. Karena itulah beberapa perusahaan menggunakan jasa outsourcing. Keunggulan jasa ini adalah mereka memang ahlinya dalam perekrutan, jadi tahu betul cara merekrut yang efisien.


Demikian informasi terkait kendala perusahaan dalam proses rekrutmen karyawan, anda juga dapat menggunakan jasa Haswara sebagai perusahaan Outsourcing untuk menyediakan tenaga kerja berkualitas yang siap membantu mengembangkan bisnis anda. Kami menyediakan beberapa jenis kerjasama seperti paying agent, recruitment services, dan head hunter. Apabila anda membutuhkan sales marketing atau posisi lainnya silahkan kunjungi Instagram kami Haswara.Official sekarang juga!

Bagikan Ke:

Populer