blog-img
02/06/2023

Tips Untuk Para Jobseeker Agar Cepat Dapat Pekerjaan

Rosa Linda Jati | Dunia Kerja

Hallo Kawan Haswara..  


Jobseeker adalah sebutan bagi seseorang yang sedang mencari pekerjaan. Jobseeker artinya seorang pelamar yang tengah berusaha untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Lapangan kerja yang minim tidak sebanding dengan jumlah pelamar pekerjaan menjadi pemicu sulitnya mendapatkan pekerjaan. Mencari pekerjaan memang bukan hal yang mudah. Apalagi bagi seorang fresh graduate yang belum berpengalaman harus bersaing dengan senior yang jauh berpengalaman.

 Simak beberapa tips untuk para jobseeker berikut ini agar cepat mendapat pekerjaan :


Jobseeker Job Fair Events
Job fair events atau bursa kerja ini menjadi sesuatu yang dinantikan oleh para pencari kerja dengan pekerjaan tetap maupun jobseeker freelance. Datang ke Job Fair sangatlah penting bagi seorang pencari kerja karena terdapat banyak informasi terkait dengan lowongan pekerjaan. 
Jobseeker Website 
Semua orang dapat mencari informasi lowongan kerja di website atau di aplikasi lowongan kerja. Jobseeker website yang menyediakan informasi terkait lowongan pekerjaan yaitu Karir.com, Jobstreet, Linkdln, dll.  Tidak jarang juga perusahaan membagikan informasi lowongan kerja di akun media sosial instagram milik perusahaan yang bersangkutan.


Buat CV selengkap dan semenarik mungkin
CV (Curriculum Vitae) yaitu daftar riwayat hidup yang di dalamnya berisi informasi terkait identitas diri serta perjalanan pendidikan seorang pencari kerja. Penulisan CV harus selengkap dan semenarik mungkin guna menarik perhatian pimpinan perusahaan. 


Perbaiki Tampilan LinkedIn
Hampir setiap perusahaan memiliki akun LinkedIn dan sering pula mereka membagikan info tentang lowongan kerja, berarti dengan seperti itu proses pelamaran yang diajukan juga akan lebih mudah. Namun besarnya daya saing di LinkedIn membuat anda harus sering-sering aktif menggunakan supaya perusahaan dapat melihat akunmu.


Sesuaikan keahlian sebelum melamar pekerjaan
Pekerjaan yang sesuai dengan keahlian memang sangat diperlukan, dengan begitu hendaknya Anda mencari pekerjaan sesuai dengan bidang keahliannya. Menyesuaikan keahlian yang dimiliki dengan pekerjaan yang akan dilamar juga sangat menentukan nasib seorang jobseeker.


Improve Skill Selagi Menunggu Panggilan
Saat sedang sibuk dengan sesuatu waktu jadi berlalu cepat, anda juga akan merasakan hal yang sama ketika belajar untuk meningkatkan skill-mu karena waktu ketika kamu menunggu panggilan interview kerja tidak akan terasa lama. Selain itu hal ini dapat membuat citramu baik di mata recruiter loh karena anda menjadi pribadi yang suka belajar.

Demikian  informasi tips untuk para jobseeker agar cepat dapat pekerjaan. Apakah kawan Haswara sudah siap untuk bekerja di perusahaan impian? Jika iya, jangan sampai ketinggalan berita terupdate, segera kunjungi Instagram Haswara.Official. Karena terdapat banyak lowongan pekerjaan yang menanti  anda. Yuk, cek sekarang juga! 

Bagikan Ke:

Populer