blog-img
14/09/2023

Tips Menjalin Hubungan Baik dengan Media

nayah | Dunia Kerja

Hello Kawan Haswara...


Media relations merupakan sebuah bentuk strategi komunikasi seorang praktisi public relations dalam menjaga hubungan dengan media. Menjalin dan mempertahankan hubungan baik dengan media sangatlah penting bagi seorang public relations sebagai media informasi perusahaan atau organisasi yang menjadi salah satu acuan opini publik dan terbentuknya reputasi dan citra perusahaan

Hubungan jangka panjang dengan media adalah hal yang paling penting, karena ketika hubungan yang baik sudah terjalin, para rekan-rekan akan lebih memerhatikan informasi yang disampaikan tentang suatu perusahaan dan tentu saja meningkatkan peluang untuk mendapatkan liputan media. Lalu, bagaimana membangun hubungan dengan media? Catat tips ini ya!

1. Memiliki nilai berita tinggi (5W+1H)

Poin penting yang harus dipahami dalam penulisan siaran pers adalah seberapa besar nilai berita dari konten yang kita berikan kepada media. Menurut kompas.com terdapat empat kriteria konten yang memiliki nilai berita, yaitu menginspirasi, relevan untuk pembaca, membanggakan, dan aktual.

2. Memahami karakteristik audiens media

Menyesuaikan kebutuhan publikasi perusahaan dengan media yang dipilih agar pesan yang ingin disampaikan tepat sasaran.

3. Mengadakan media gathering

Media gathering dapat berupa konferensi pers dan media visit. Dengan digelarnya acara tersebut dapat memberikan kemudahan akses media atau reporter dalam memperoleh informasi terkait perusahaan serta kegiatan-kegiatan yang sedang dilakukan.

4. Be Responsive

Seorang PR harus responsif dalam menjalin komunikasi dengan media. Responsif dalam arti dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan media terkait informasi yang mereka butuhkan terkait perusahaan yang menaungi sang PR.

Nah, tadi merupakan tips-tips cara menjalin relasi yang baik dengan media. Media memiliki peran yang sangat penting dalam lingkup pekerjaan PR. Karena merekalah yang memberikan publikasi terkait perusahaan sang PR. Maka dari itu, jika kamu ingin menjadi praktisi PR nantinya, jangan lupa untuk menjalin hubungan baik dengan para media, ya!

Bagikan Ke:

Populer