blog-img
06/09/2022

Tips dan Trick Lolos Interview Kerja

Rosa Linda Jati | Tips & Trick

Hallo kawan Haswara..

Jika saat ini kamu sedang dalam tahap persiapan interview kerja ada hal hal yang harus diperhatikan agar interview kamu dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini Haswara sajikan tips & trick jika ingin lolos interview kerja.

1. Memberi konfirmasi kehadiran 
Pastikan ketika kamu sudah mendapat panggilan interview kerja, segera untuk memberi konfirmasi kehadiran kepada recruiter, hal ini bisa memberikan kesan baik kepada recruiter bahwa kamu adalah orang yang fast respon.

2. Datang tepat waktu
Baik interview secara online ataupun offline usahakan datang 10 – 15 menit sebelum proses interview dimulai. Jika kamu dalam keadaan darurat maka kamu bisa konfirmasi hal tersebut ke pihak recruiter dengan alasan yang jelas dan meminta untuk penjadwalan ulang interview kerja.

3. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan
Sebelum datang untuk interview persiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti CV, Portfolio, serta dokumen pendukung lain untuk menunjang proses interview kerja kamu dengan recruiter.

4. Riset perusahaan
Lakukan riset terlebih dahulu mengenai profil perusahaan yang akan kamu datangi, pelajari mengenai visi misi perusahaan serta kuasai tentang posisi yang akan kamu lamar.

5. Berpenampilan Sopan
Dalam proses interview kerja penampilan akan menjadi penilaian penting, usahakan kamu datang menggunakan pakaian sopan sesuai dengan dresscode yang ditentukan.

6. Bahasa tubuh 
Recruiter juga akan melihat bahasa tubuh yang kamu berikan, seperti menjaga kontak mata dengan lawan bicara, duduk dengan tegak dan tenang, memberikan senyuman, dan berbicara dengan jelas.

7. Mengajukan pertanyaan kepada Recruiter
Interview kerja merupakan komunikasi dua arah, berikan pertanyaan kepada recruiter seputar perusahaan dan posisi yang kamu lamar sehingga moment ini dapat  menunjukan semangat dan antusias kamu untuk bergabung dengan perusahaan.  

8. Persiapkan jawaban terbaik 
Berlatihlah sebelum datang ke lokasi, recruiter akan menanyakan tentang kualitas dirimu, dari segi pengalaman bekerja, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, serta latar belakang dirimu. Persiapkan jawaban yang akan memuaskan hati recruiter.

9. Jadilah diri sendiri
Dalam hal ini jadilah diri sendiri artinya berikan keunggulan yang kamu miliki tetapi tidak dimiliki orang lain, jawablah pertanyaan recruiter dengan jujur dan percaya diri agar recruiter mengetahui kemampuan dan kualitas diri kamu.

10. Berjabat tangan dan ucapkan terima kasih 
Di awal dan di akhir proses interview lakukan jabat tangan dengan recruiter dan jangan lupa diakhiri dengan ucapan terima kasih.

Nah, untuk para Jobseeker yuk apply lamaran kerja kalian ke Haswara. Sekian tips & trick lolos wawancara kerja, semoga bermanfaat!

Bagikan Ke:

i

ilda
06 Sep 2022 03:36

Terimakasih info nya kak


Populer