blog-img
08/09/2022

Saus dan Kecap Manis ABC ditarik dari Singapura

Tita Nur Hayanti | Berita Indonesia

Badan Pengawas Makanan Singapura (Singapore Food Agency/SFA) menarik dua produk asal Indonesia kecap manis ABC dan saus sambal ayam goreng ABC. Kedua produk ditarik karena SFA mendeteksi adanya bahan pangan alergen yang menyebabkan alergi.     

  • Alasan Produk ABC Ditarik          
    SFA mendeteksi adanya kandungan sulfur dioksida dan allergen dalam kecap manis  ABC, oleh karena itu, Singapura memutuskan untuk menarik kecap manis ABC yang diimpor oleh New Intention Trading dengan tanggal kedaluwarsa 26 Juni 2024. Penarikan saus ayam goreng ABC karena dideteksi mengandung asam benzoat dan alergen yang tidak disebutkan pada label kemasan makanan. Namun dalam aturan peraturan makanan Singapura, produk makanan yang mengandung bahan yang diketahui menyebabkan hipersensitivitas harus dicantumkan pada label kemasan makanan. Meski demikian, SFA menyatakan bahwa kadar sulfur dioksida dan asam benzoat yang terdeteksi di kedua produk asal Indonesia tersebut berada dalam batas yang diizinkan dalam bahan pangan. 
  • Bukan Hanya Produk RI    
    Wafer dari Jepang juga dicabut oleh SFA, yaitu Produk wafer Fukutoku Seika Soft Cream karena dideteksi mengandung alergen dari putih telur dan tepung terigu. SFA menyatakan kandungan tersebut tidak dicantumkan dalam kemasan. Oleh sebab itu, produk yang diimpor oleh Sinhua Hock Kee Trading juga ditarik oleh SFA.
  • Tanggapan ABC Indonesia
    PT Heinz ABC Indonesia buka suara, Perusahaan menegaskan kedua produk tersebut masuk ke Singapura melalui impor yang tidak resmi tanpa melalui koordinasi ABC Indonesia. Menurut Head of Legal, Corporate & Regulatory Affairs Kraft Heinz Indonesia & PNG, Mira Buanawati "Masuknya kedua varian produk ABC, ke pasar Singapura merupakan tindakan paralel impor yang dilakukan oleh distributor tidak resmi (unauthorized distributor) dan tidak melalui koordinasi dengan PT Heinz ABC Indonesia sebagai perusahaan pembuat produk dan pemilik resmi merek ABC. Kecap Manis ABC dan Sambal Ayam Goreng ABC, bukanlah varian produk yang secara khusus diperuntukkan untuk diekspor ke pasar Singapura”.
    Selanjutnya, Pihaknya menjamin produk ABC dijaga dari segi standar kualitas dan keamanannya dan meyakini ABC Indonesia akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan standar kualitas dan keamanan pangan dari seluruh produk PT Heinz ABC Indonesia tetap terjaga dengan baik.
  • Produk ABC Masih Beredar di Indonesia
    Menurut Deputi III BPOM bidang Pengawasan Pangan Olahan Rita Endang saat dihubungi Kompas.com, “Kedua produk tersebut terdaftar dan beredar di Indonesia yang merupakan hasil pengawasan Badan POM terhadap label produk di peredaran telah sesuai dengan persetujuan pendaftaran, termasuk pencantuman informasi alergen sulfit," dan masuknya dua produk ABC ke Singapura yang ditarik oleh SFA itu berasal dari distributor tidak resmi.

Nah buat kawan Haswara pecinta saus dan kecap ABC tenang aja ya.. karena sudah melalui pengawasan BPOM, selama Kawan tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan tertentu.

Bagikan Ke:

Populer