blog-img
30/09/2022

Peringatan Peristiwa G30SPKI : Tragedi Lubang Buaya

Rosa Linda Jati | Pendidikan

Hallo Kawan Haswara.. 

Peristiwa G30S/PKI atau biasa disebut dengan Gerakan 30 September adalah salah satu peristiwa pemberontakan komunis yang terjadi pada bulan September setelah beberapa tahun Indonesia merdeka. Peristiwa G30S PKI terjadi di malam hari tepatnya pada tanggal 30 September tahun 1965. Pemberontakan ini terjadi di wilayah Jakarta dan Yogyakarta. Setidaknya ada 7 perwira tinggi militer yang terbunuh dalam peristiwa tersebut. Adapun nama-nama korban adalah sebagai berikut:

  1. Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani
  2. Mayor Jenderal Raden Soeprapto
  3. Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono
  4. Mayor Jenderal Siswondo Parman
  5. Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan
  6. Brigadir Jenderal Sutoyo Siswodiharjo
  7. Lettu Pierre Andreas Tendean

Ketujuh korban itu kemudian dianugerahi gelar Pahlawan Revolusi. Mereka dibunuh lalu dimasukkan ke dalam sumur Lubang Buaya di Jakarta Timur.

Sejarah Singkat G30S/PKI juga mencatat bahwa pada Tanggal 1 Oktober pagi, Soeharto yang mendengar hal itu segera bertindak dengan mengambil alih komando untuk mengehentikan kudeta dan mengerahkan pasukan menguasai kembali gedung RRI Pusat dan Basis PKI di sekitar Halim Perdana Kusuma. Berdasarkan informasi kopral satu polisi Sukirman yang berhasil melarikan diri saat menjadi tawanan, pada tanggal 3 oktober 1965 diketemukan sebuah sumur yang menjadi tempat pembuangan mayat para jenderal yang akhirnya dikenal dengan sebutan Sumur Lubang Buaya. Pada tanggal 4 Oktober, G30S/PKI berlanjut dengan diteruskannya penggalian sumur lubang buaya sehingga berhasil mengangkat para korban dan akhirnya dimakamkan di TMP Kalibata pada keesokan harinya 5 Oktober 1965.

Demikian informasi mengenai G30SPKI yang jatuh di tanggal hari ini. Sebagai generasi muda semoga kita bisa mempertahankan NKRI sebaik mungkin agar peristiwa ini tidak terulang kembali serta menghargai jasa dari pahlawan yang telah gugur membela NKRI. Jangan lupa untuk follow Instagram Haswara.Official karena banyak informasi lainnya mengenai lowongan pekerjaan yang terbaru.

Bagikan Ke:

Populer