blog-img
21/11/2022

MANFAAT MANPOWER PLANNING DALAM SUATU PERUSAHAAN

Diannita | Dunia Kerja

Hai sobat Haswara…

Sudah tau apa itu Manpower planning? Lalu apa manfaatnya yah? Manpower planning atau perencanaan tenaga kerja adalah suatu proses dalam memperkirakan atau merencanakan kebutuhan tenaga kerja di sebuah perusahaan. Diartikan juga oleh John B. Miner dan Mary Green Miner dalam bukunya Personnel and Industrial Relation, Manpower planning adalah suatu proses yang berusaha menjamin jumlah dan jenis pegawai yang tepat akan tersedia pada tempat dan waktu yang tepat untuk melakukan hal-hal yang diperlukan agar organisasi(perusahaan) dapat terus mencapai tujuannya. Bisa disimpulkan bahwa perencanaan tenaga kerja (manpower planning) adalah proses merencanakan perkiraan suatu jumlah optimal SDM yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas dalam waktu tertentu sehingga dapat mencapai goals perusahaan.

Perencanaan tenaga kerja mencakup parameter seperti jumlah personil, berbagai jenis keterampilan, jangka waktu dsb. Ini adalah proses berkesinambungan untuk memastikan bahwa bisnis memiliki sumber daya yang efektif dan efisien.

Mengapa Perusahaan Perlu Merencanakan Kebutuhan SDM?

Sebagaimana SDM adalah aset yang berharga bagi berjalannya operasional perusahaan, dalam hal pemilihannya juga kita tidak boleh asal menempatkan.
Jika salah menempatkan SDM di posisi yang penting atau jika salah perhitungan jumlah kebutuhan karyawan, maka kesulitan atau masalah bisa terjadi dan memberi dampak buruk terhadap perkembangan organisasi perusahaan.
Perencanaan SDM menjadi syarat penting untuk bentuk bisnis apa pun, karena nantinya akan ada banyak mendapat manfaat  jika perusahaan melakukannya.

Berikut hal-hal yang menjadi manfaat melakukan perencanaan tenaga kerja:

1. Terhindar dari vacant position
Proses rekrutmen adalah proses ini bisa saja cukup lama memakan waktu. Dengan memiliki perencana, harapannya perusahaan tidak lagi menemukan situasi dimana terdapat posisi kosong yang berakibat terjadinya delay dalam kelangsungan operasional daily.

2. Produktivitas meningkat
Adanya perencanaan SDM tentunya akan meningkatkan produktivitas. Artinya perusahaan mampu mengelola modal SDM yang dimiliki dengan baik. Jumlah total SDM yang tepat dengan kompetensi yang tepat akan mengarah pada peningkatan produktivitas karena setiap orang dan divisi dapat menggunakan waktu yang ada untuk melakukan pekerjaan lain yang di prioritaskan  lebih urgent.

3. Menjaga anggaran rekrutmen dan penggajian
Sudah menjadi rahasia umum bagi perusahaan, menginginkan pengeluaran anggaran yang minim dan mendapatkan hasil semaksimal mungkin. Salah satu cara untuk mencapai keinginan tersebut adalah dengan melakukan perencanaan SDM, dengan menjaga anggaran rekrutmen adalah tujuan utama dari pembentukan manpower planning.

4. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi perusahaan
Melakukan perencanaan SDM tentunya akan mengarah pada pelaksanaan kegiatan perusahan yang lebih efektif dan efisien. Karena dengan adanya perencanaan dapat meminimalisir pemborosan penggunaan biaya, tenaga, dan waktu.

5. Karyawan lebih kompeten
Merencanakan SDM akan membantu perusahaan untuk menempatkan SDM yang tepat di posisi yang tepat juga. Hal ini membantu perusahaan untuk mendapatkan karyawan dengan keterampilan sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. Sehingga perusahaan hanya diisi oleh tenaga kerja ahli dan tenaga kerja yang kompeten. Karena berada di tempat yang tepat, hal ini juga dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja.

6. Menjaga fungsi-fungsi manajerial
Setiap perusahaan tentu memiliki fungsi-fungsi manajerial. Fungsi-fungsi ini terdiri dari fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pengarahan, dan juga fungsi pengawasan. Jika perusahaan melakukan perencanaan SDM dengan baik, maka perusahaan memiliki SDM yang terlibat aktif dalam 4 fungsi manajerial ini. Sehingga operasional perusahaan pun dapat berjalan dengan baik.

Nah bagi anda, Perusahaan yang sedang kekurangan SDM dan membutuhkan perencana SDM untuk memperluas cadangan talent pool namun menginginkan keringanan biaya untuk mengendalikan biaya operasional tanpa mengurangi fokus perusahaan? Mungkin anda bisa menggunakan layanan jasa penyedia SDM  dengan mengunjungi lama website www.haswara.co.id cari tahu juga akun social medianya di haswara.official haswara.bandung haswara.surabaya, Temukan produk sesuai dengan kebutuhan anda. Karena haswara adalah tempat terbaik tuk bekerja sama.

Sumber : https://id.hrnote.asia/recruit/manpower-planning-201126/
Penulis dhian kusumawardani

Bagikan Ke:

Populer