blog-img
02/11/2022

Kepala Kepolisian Korea Selatan Membungkuk Di Depan Publik Dan Meminta Maaf Atas Tragedi Itaewon

Rosa Linda Jati | Mancanegara

Hallo Kawan Haswara..

Tragedi Itaewon yang terjadi minggu lalu sangat meninggalkan pilu untuk seluruh warga khususnya warga Korea Selatan. Kepala Kepolisian Nasional Korea Selatan (Korsel) Komisaris Jenderal Yoon Hee-keun meminta maaf atas tragedi pesta Halloween di Itaewon, Seoul, pada Sabtu (29/10/2022) yang menewaskan ratusan orang. Yoon Hee-keun mengakui kekurangan anggotanya dalam pengendalian massa saat itu. Dia juga langsung membungkuk di depan wartawan dan meminta maaf atas insiden tersebut.

“Saya sangat bertanggung jawab untuk keselamatan publik dan bahwa pengendalian massa pada malam itu tidak memadai,” katanya seperti yang dikutip dari Korea JoongAng Daily, Rabu (2/11/2022). Yoon Hee-keun menambahkan telah ada beberapa panggilan ke hotline darurat negara itu sebelum kecelakaan maut terjadi di jalan-jalan ketat Itaewon. 

Karena acara tersebut tidak terdaftar secara resmi dengan penyelenggara yang ditunjuk, baik polisi maupun pihak berwenang setempat tidak ditugaskan untuk mengelola kerumunan terlebih dahulu seperti biasanya. Tetapi saat ini dia telah membentuk gugus tugas beranggotakan 475 orang untuk menyelidiki bagaimana tragedi itu terjadi. Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengunjungi lokasi peringatan untuk para korban pada hari Selasa (1/11), setelah menyatakan masa berkabung selama seminggu. "Kita harus datang dengan langkah-langkah keamanan konkret untuk mengelola kerumunan, tidak hanya di jalan-jalan ini, di mana bencana besar ini terjadi, tetapi di tempat-tempat lain seperti stadion dan tempat konser di mana banyak orang berkumpul," katanya pada rapat kabinet. Presiden Yoon juga menggambarkan keselamatan orang sebagai hal "penting, apakah ada penyelenggara acara atau tidak." Dia menyerukan negara untuk mengembangkan "kemampuan digital mutakhir" untuk meningkatkan manajemen kerumunan, meskipun para kritikus berpendapat alat seperti itu sudah ada tetapi tidak digunakan di Itaewon. Pada hari Senin (31/10), Perdana Menteri Han Duck-soo mengatakan pemerintah akan menyelidiki secara menyeluruh penyebab tragedi Itaewon. Hal ini dilakukan untuk mencegah insiden serupa terjadi di masa depan.

Demikian informasi mengenai kepala kepolisian Korea Selatan membungkuk di depan publik dan meminta maaf atas tragedi Itaewon, semoga tragedi ini bisa menjadi pembelajaran untuk ke depannya agar tidak terjadi hal serupa. Jangan lupa untuk follow Instagram Haswara.Official karena banyak informasi lainnya mengenai lowongan pekerjaan yang terbaru

Bagikan Ke:

i

ilda
02 Nov 2022 04:30

Semoga tidak terulang kembali


Populer