blog-img
03/10/2022

JANGAN ANGGAP ENTENG : BAHAYA SUSAH BAB

Agri | Kesehatan

Ketika buang air besar (BAB) tidak lancar, bukan tidak mungkin akan mengalami masalah pencernaan yang lebih serius. BAB atau sembelit biasanya disebabkan kurangnya mengkonsumsi makanan berserat dan kurangnya minum air putih. Ada beberapa masalah yang disebabkan susah BAB seperti perut terasa keras, wasir, robeknya kulit anus, berat badan bertambah, penumpukan kotoran pada usus dan lain sebagainya.

Wah bahaya ya kawan Haswara, pernahkan kalian mengalami susah BAB? Badan terasa berat dan tidak nyaman kan? Berat badan jadi bertambah, lemak bertumpuk dalam tubuh. Ingat jangan langsung obat, simak tips berikut agar metabolisme mu lancar!

1. Penuhi kebutuhan air dalam tubuh
Rajin minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Agar tidak rentan mengalami dehidrasi dan dapat melancarkan pencernaan. Minum air yang cukup juga dapat melunakkan tekstur pada kotoran dalam tubuh, sehingga dapat dnegan mudah dikeluarkan. Tidak hanya air putih asupan cairan lainnya bisa ditambahkan dengan mengkonsumsi sayur, buah (seperti semangka, melon, jeruk dsb.

2. Memakan makanan berserat tinggi
Serat merupakan zat yang paling berperan untuk melancarkan pencernaan. Serat bisa didapatkan dari buah – buahan, sayuran, sereal, gandum utuh dan lainnya. Kalian bisa menyisipkan serat dalam menu harian.

3. Olahraga
Kebiasaan malas berolah raga bisa menghambat metabolisme. Rajin berolah raga dan aktif bergerak agar meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat membakar banyak kalori. Kalian bisa melakukan olahraga kardio seperti, lari, senam aerobik, atau permainan olahraga yang menyenangkan bersama teman – teman seperti voli, basket, sepakbola danlainnya.

4. Konsumsi makanan pedas
Faktanya makanan pedas ternyata juga dapat meningkatkan metabolisme dan memperlancar BAB. Namun, tetap harus memperhatikan jumlah makanan pedas yang kalian konsumsi ya. Jangan sampai berlebihan karena dpat menyebabkan diare, asam lambung dan lainnya.

Kalian sudah siap hidup sehat dengan menjaga metabolisme tetap lancar? Yuk terapkan tips diatas agar tidak terjadi penumpukan kotoran pada tubuh agar tubuh terasa enteng dan bugar. Mau informasi terupdate lainnya setiap hari kilk www.haswara.co.id

Bagikan Ke:

i

ilda
03 Oct 2022 09:12

wihh makasih ka infonya, jadi ga perlu minum obat lagi deh


Populer