blog-img
09/02/2023

Ini Dia Tips dan Trick Sukses Melamar Kerja

Diannita | Dunia Kerja

Halo Sobat Haswara….

Gimana sih pemilik Tips & Trick sukses melamar kerja? Sehingga impian kerja di perusahaan yang didambakan tercapai. Yuk disimak!
Ketika Anda ingin melamar kerja, sebaiknya kawan haswara haru perhatikan beberapa tips melamar kerja dari teman yang sudah berpengalaman atau melakukan riset di internet. 
Beberapa tips dan trik dibawah ini  akan sangat membantu dalam kesuksesan kawan haswara dalam melamar kerja ke perusahaan yang kawan haswara inginkan. Karena tentu saja ada hal-hal yang harus kawan haswara perhatikan agar lamaran kerja Anda diterima dengan baik oleh perusahaan.

Artikel kali ini akan menyajikan  tips dan trik bagaimana melamar kerja ampuh yang dapat Kawan Haswara terapkan. Yuk, disimak!!

1. Lakukan riset perusahaan target
Kawan Haswara, setelah kawan Haswara tahu jenis pekerjaan apa yang kamu incar dan inginkan, kamu bisa memilih perusahaan mana saja yang akan coba kamu lamar. Jika sudah menemukan perusahaan yang tepat dan sesuai, lakukanlah riset sederhana mengenai latar belakang, spesialisasi, dan informasi penting lainnya mengenai perusahaan tersebut.

Melakukan riset terlebih dahulu terhadap perusahaan target kamu akan membantu juga ketika sesi wawancara. Selain itu, hal tersebut juga dapat menjadi acuan kamu untuk bekerja lebih baik di perusahaan tersebut.

2. Lamar pekerjaan yang sesuai dengan Passion
Sebelum mengirim lamaran pekerjaan, pastikan kamu memiliki kualifikasi seperti yang dibutuhkan oleh perusahaan. Meskipun kamu masih berstatus mahasiswa atau fresh graduate, jika kamu merasa memiliki kompetensi di bidang tersebut, tidak ada salahnya untuk melamar. Bisa saja perusahaan lebih memilih pekerja freelance.
Selain itu, melamar pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian kamu juga agar kamu gak perlu memulai dari 0 dalam memahami pekerjaan. Hal tersebut juga akan membantu dalam proses pelatihan dan pengembangan keahlian.

3. Selalu Tingkatkan Skill
Salah satu skill yang wajib dimiliki di era perkembangan teknologi dan modern ini adalah digital marketing. Kemampuan seperti desain grafis, edit foto dan video, menulis SEO article, media sosial, copywriting, blog/vlog dan sebagainya merupakan skill yang sangat dibutuhkan saat ini.
Saat kamu memiliki skill tambahan di atas, percayalah semua itu akan jadi nilai plus buat kamu. Meskipun status kamu sebagai pekerja freelance atau fresh graduate, namun ketika kamu memiliki skill tersebut maka perusahaan bisa mempertimbangkan kamu untuk diterima.

4. CV yang menarik
Membuat CV yang bisa menunjukkan jati diri kamu itu sangat diperlukan. Hal ini bisa dimulai dengan cara mengenalkan diri kamu secara singkat serta juga menyertakan sebuah pengalaman bekerja ataupun magang. Bisa juga dengan cara mencantumkan aktivitas yang pernah kamu lakukan serta juga bisa mencantumkan pengalaman kerja yang sangat sesuai.
Kemudian, saat menyertakan foto dalam CV, pastikan fotomu nampak profesional. Hindari menggunakan berbagai efek membuat wajah lebih cantik atau lebih tampan di foto.
Sebab, hal ini justru akan membuat foto kamu nampak tidak profesional, dan akhirnya membuat HRD mengurungkan niatnya untuk merekrut kamu. Ingat, untuk mengenakan pakaian formal, seperti blazer saat membuat pas foto. Ini akan menjadi nilai plus di mata HRD.

5. Bangun citra yang baik di Media Sosial
Tahukah kamu bahwa saat ini perusahaan dalam mempertimbangkan nama karyawan yang akan diterima dilakukan dengan cara mengecek langsung sosial media yang kamu miliki? Perusahaan akan mengecek dengan memasukkan nama kamu di media sosial  untuk melihat jejak digital, siapa Anda dan apakah memiliki image yang baik atau tidak.
Jika kamu sosok yang terkenal dan memiliki image positif tentu akan jadi poin plus bagi perusahaan menerima kamu sebagai karyawan.

6. Latihan Interview
Kawan Haswara, salah satu langkah yang bisa kamu ambil agar peluang diterima lebih besar adalah persiapkan diri untuk berbagai pertanyaan yang  mungkin muncul saat interview kerja. Lakukan simulasi interview kerja serta cari tahu jawaban apa yang sebaiknya kamu lontarkan untuk menarik perhatian perekrut. Kamu bisa bertanya pada teman atau kenalan yang sudah terlebih dahulu berpengalaman dalam melakukan interview kerja.

Nah penjelasan-penjelasan diatas tadi adalah hal yang bisa Kawan Haswara terapkan untuk melamar kerja. gak percaya? Buktikan sendiri! untuk info lokwongan kerja kamu bisa hubungi contact person kami di website ini atau kunjungi laman sosmed Haswara, kami tunggu ya~~

Bagikan Ke:

Populer