blog-img
01/04/2022

HARGA PERTAMAX RESMI NAIK MULAI 1 APRIL 2022 : MASYARAKAT SEBUT APRIL MOP

Shella Rana Juwita | Berita Indonesia

Ada breaking news nih kawan Haswara! Mulai tanggal 1 April 2022, Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) harga Pertamax resmi naik dari harga biasanya. Simak yuk beritanya!
Dilansir dari Website resmi PT Pertamina (01/04/2022) , PT Pertamina telah resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak Pertamax. Kenaikan ini berlaku di 16 provinsi di Indonesia. PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum dengan mengikuti Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Kenaikan ini disebabkan oleh krisis geopolitik yang terus berkembang saat ini mengakibatkan harga minyak dunia melambung tinggi. Untuk itu penyesuaian harga perlu dilakukan secara selektif, kenaikan ini hanya berlaku untuk BBM Non Subsidi yang digunakan masyarakat sebesar 17% , dimana 14% merupakan jumlah konsumsi Pertamax dan 3% jumlah konsumsi Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex. Sedangkan BBM Subsidi seperti Pertalite dan Solar yang digunakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia sebesar 83%, tidak mengalami perubahan harga stabil di harga Rp7.650 per liter (Pertalite) dan Rp5.150 per liter (Solar Subsidi). Hal ini merupakan pemberian Pemerintah bersama PT Pertamina dalam menyediakan bahan bakar harga terjangkau.

Berlaku mulai tanggal 1 April 2022 mulai pukul 00:00 waktu setempat, BBM Non Subsidi Gasoline RON 92 (Pertamax) disesuaikan harganya menjadi Rp 12.500 per liter (untuk daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor /PBBKB 5%), dari harga sebelumnya Rp 9.000 per liter. "Pertamina selalu mempertimbangkan daya beli masyarakat, harga Pertamax ini tetap lebih kompetitif di pasar atau dibandingkan harga BBM sejenis dari operator SPBU lainnya. Ini pun baru dilakukan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, sejak tahun 2019," jelas Irto Ginting, Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero).

Jadi bagaimana kawan haswara tetap pakai pertamax atau beralih bahan bakar?

Source : Pertamax Naik

Bagikan Ke:

I

Ilda
01 Apr 2022 10:32

Waaah semua serba naik ????


S

Selni Ernawati
05 Apr 2022 07:08

Wahhh bingung ini kita kalau apa" naikkk


Populer