blog-img
16/11/2023

4 Cara Resign Atau Pengunduran Diri yang Baik

nayah | Dunia Kerja

Hallo Kawan Haswara..

Ketika sudah sekian lama bekerja, mungkin beberapa dari kamu ada yang berencana untuk resign. Biasanya kamu memiliki alasan tersendiri, seperti bosan, tidak cocok dengan tempat kerja, hingga ingin meningkatkan skill ke level selanjutnya. Namun, yang jadi masalah adalah bagaimana jika ini merupakan kali pertamamu ingin mengajukan pengunduran diri? Nah, sebagai solusi agar kamu dapat resign dengan tenang, yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui cara mengajukan resign dan contoh surat pengunduran diri.

1. Buat perjanjian untuk meeting 1-on-1

Saat kamu ingin mengajukan resign kerja, nggak semua orang kantor wajib tahu. Mengajukan pengunduran diri kerja secara profesional sebaiknya dibicarakan dan didiskusikan secara pribadi antara kamu, sebagai karyawan, dan atasan kamu. Setidaknya, kamu memberi tahu HRD terlebih dahulu.

2. Memberi informasi pengunduran diri (one month notice)

Sering dengar istilah one month notice? Nah, one month notice adalah waktu minimal yang ditentukan oleh perusahaan saat kamu mengajukan pengunduran diri kerja atau resign. Biasanya, ketentuan one month notice ini tertulis di kontrak kerja. Tujuan dari one month notice ini adalah agar kamu masih bisa menyelesaikan berbagai tanggung jawabmu di tempat kerja. Selain itu, perusahaan juga memiliki waktu untuk mencari pengganti kamu.

3. Membuat surat pengunduran diri kerja

Salah satu cara pengunduran diri kerja yang baik dan profesional adalah dengan melampirkan surat pengunduran diri kerja saat kamu melakukan pertemuan dengan atasan atau HRD. Kemudian, serahkan surat surat resign terlebih dahulu. Nantinya, kamu bisa menceritakan dengan jelas alasan yang rasional mengapa kamu ingin mengundurkan diri.

4. Ucapkan terima kasih

Hal penting yang tidak boleh kamu lupakan pada saat ingin resign adalah mengucapkan rasa terima kasih kepada atasan, HRD, dan rekan kerjamu. Jangan lupa untuk tetap tetap berhubungan dengan mereka meskipun kamu sudah resmi mengundurkan diri dan pindah ke perusahaan baru.

Ucapan terima kasih ini bisa kamu rayakan dengan makan bersama di restoran, memberi hadiah kecil, atau memberi aneka makanan khas karyawan resign, seperti donat, pisang goreng madu, atau tahu krispi.

Sumber : https://blog.skillacademy.com/contoh-surat-pengunduran-diri-kerja

Bagikan Ke:

Populer