Halo Kawan Haswara…
Kembali lagi dengan minca. Kali ini minca akan bahas soal marketing. Sudah ga asing kan dengan istilah marketing? Marketing memiliki suatu peranan penting dalam suatu perusahaan loh. Mengapa bisa? Karena fungsi dari marketing sendiri yaitu untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan, dan memperbanyak jumlah konsumen juga menguasai target pasar.
Jumlah konsumen yang dimiliki perusahaan akan menentukan besar kecilnya pemasukan. Semakin banyak jumlah konsumen maka pemasukan yang berhasil didapatkan akan lebih besar, dan perusahaan akan semakin berkembang, demikian pula sebaliknya.
Nah, untuk kamu-kamu yang ingin menjadi marketing yang sukses di bidangnya, berikut tujuh tips sukses bagi kamu yang ingin kompeten sebagai profesi marketing:
1. Buat Strategi dan Target Konsumen
Buat suatu perencanaan kegiatan promosi yang bisa menarik minat pelanggan. Misal dengan berikan diskon harga sale, memberikan paket hemat bundling, tawarkan reward untuk pembelian di atas rata-rata, menambahkan undian berhadiah pada event-event khusus, atau adakan beberapa kegiatan promosi yang melibatkan konsumen sebagai pesertanya. Seperti menjadi sponsor utama kegiatan event/charity serta acara lainnya yang bertujuan membangun loyalitas konsumen. Pastikan kamu sudah menentukan target pasar antara produk dan konsumen, contoh seperti produk skincare anti aging cocok untuk wanita paruh baya usia 30 tahun keatas dan buatlah target yang harus Anda raih dalam melakukan kegiatan pemasaran tersebut.
2. Menguasai Product Knowledge
Dalam melakukan pemasaran? Marketing hal utama agar meyakinkan suatu konsumen dengan memberikan dan mengedukasi informasi lengkap kelebihan terkait produk yang kita pasarkan. Dengan kita hafal dan mengetahui terkait segala informasi mengenai produk/jasa yang kita pasarkan untuk ditawarkan pada konsumen, maka secara tidak langsung dapat membantu anda untuk yakinkan para calon konsumen.
Berikan product knowledge dengan jelas dan rinci tentang kelebihan produknya, kegunaan, kualitas, serta harga produk kepada calon client/konsumen. Tujuannya agar mereka semakin yakin untuk memilih produk atau jasa yang kita tawarkan.
3. Memahami Perilaku Konsumen
Sebelum menawarkan produk atau jasa yang akan kita promosikan, ada baiknya kita memahami perilaku dari si calon konsumen ini. Bisa jadi kita menargetkan komunitas anak muda khusus wanita ataupun masyarakat pada yang berasal dari kalangan menengah atas atau kalangan menengah ke bawah.
Pastikan bahwa kita menawarkan produk atau jasa kepada target pasar dengan tepat sasaran. Maka dari itu seorang marketing yang cerdas dan kompeten harus kenali dulu perilaku konsumen yang menjadi target kita memiliki minat dan kebutuhan nya seperti apa.
4. Memperluas Jaringan Bisnis dan Pertemanan
Untuk menjadi marketing yang kompeten kamu harus memperluas relasi bisnis yang nantinya bisa memudahkan dalam menjalankan usaha. Dari perluasan relasi ini, akan ada banyak manfaat yang bisa kamu ambil, mulai dari peluang dalam bekerja sama di bidang permodalan yang akan memudahkan kamu dalam pemasaran bisnis nantinya.
Tidak menutup kemungkinan saat menghadapi beberapa kendala dalam menjalankan bisnis dapat mudah terselesaikan melalui bantuan relasi bisnis yang telah dibangun dengan baik. Semakin luas relasi yang kamu miliki, maka bertambah besar peluang yang muncul untuk mendapatkan calon konsumen baru. Jadi, jangan ragu untuk memperluas relasi baru dan pengetahuanmu ntuk mendapatkan pelanggan baru.
5. Memperhatikan Respon Konsumen
Setiap pelanggan terkadang memberikan feedback atau respon yang beragam terghadap produk atau jasa yang kita pasarkan. Bila pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan, cantumkan respon tersebut sebagai bukti nyata untuk memperkuat keunggulan produk yang ditawarkan atau bisa dijadikan sebagai bagian dari testimoni. Namun jika respon konsumen kurang memuaskan, jadikan sebagai bahan evaluasi bagi kamu untuk mencapai hasil yang lebih baik untuk kedepannya.
6. Selalu Bersikap Optimis dan Pantang Menyerah
Dalam melakukan suatu pekerjaan dimanapun kita berada menjadi hal biasa ketika kita akan menemukan tantangan dan suatu kendala, berlaku juga di bidang seputar marketing ini yang tantangan nya cukup besar, sehingga tidak semua orang bisa bertahan dengan profesi tersebut.
Dihantui dengan target perusahaan atau bahkan mengalami penolakan langsung dari calon konsumen merupakan salah satu tantangan-tantangan kecil yang harus diterima para marketing.
Seorang marketing sejati harus menerapkan sikap optimis dalam melayani konsumen dan pantang menyerah dalam setiap keadaan. Antusiasme dan semangat kamu kepada calon pelanggan menjadi daya tarik yang kuat, sehingga konsumen yakin memilih produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Berjiwa optimis dan pantang menyerah sebelum target tercapai merupakan kunci utama kesuksesan sebagai seorang marketing.
Nah Sobat haswara, bagi kamu yang sedang mencari loker di bidang marketing kamu bisa coba applied di perusahaan kita loh di haswara.co.id untuk informasi lebih lengkap kamu bisa cari tahu akun social media kita di @haswara.official @haswara.bandung @haswara.surabaya
Siap menjadi marketing sukses di perusahaan kami?
Kerennnn. Terima kasih atas informasi nya Min