Gimana sih pemilik Tips meningkatkan kepuasan pelanggan? Sehingga goal usaha yang sustainable hingga membuahkan goal profit sebagai perusahaan yang mapan akan tercapai. Yuk disimak!
Persaingan dalam dunia bisnis lama kelamaan semakin ketat. Untuk bisa bersaing dengan pelaku bisnis yang lainnya, perusahaan haruslah memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan pelanggan. Selain itu suatu perusahaan harus menempatkan orientasi pada kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama agar bisnis nya tetap bisa berjalan. Kepuasan pelanggan (customer satisfaction) adalah ukuran yang menentukan seberapa baik produk atau layanan perusahaan memenuhi harapan pelanggan. Hal ini menjadi salah satu indikator yang paling penting terkait pembelian dan loyalitas pelanggan. Lalu apa sajakah faktor faktor yang memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan? Tingkat kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh beberapa hal berikut:
Menurut Tjiptono kualitas pelayanan adalah upaya penyampaian jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketepatan penyampaian untuk mengimbangi harapan pelanggan. Harapan konsumen merupakan keyakinan konsumen sebelum mencoba atau membeli suatu produk yang dijadikan acuan dalam menilai kinerja produk tersebut. Kualitas pelayanan menjadi suatu keharusan yang harus dilakukan perusahaan supaya mampu bertahan dan tetap mendapat kepercayaan pelanggan. Pola konsumsi dan gaya hidup pelanggan menuntut perusahaan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Apabila pelayanan yang diberikan perusahaan bagus hal itu akan membuat pelanggan merasa puas. Begitupun sebaliknya apabila perusahaan memberikan kualitas pelayanan yang kurang, maka pelanggan tidak akan puas bahkan kecewa.
Dari sudut pandang pemasaran, harga merupakan satuan moneter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa lainnya) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa (Tjiptono, 1999). Pelanggan tentu saja akan mempertimbangkan harga saat akan memakai jasa ataupun membeli sebuah produk. Maka dari itu perusahaan harus menetapkan harga secara tepat agar dapat sukses dalam memasarkan barang atau jasa.
Memilih lokasi merupakan salah satu kegiatan awal dalam melakukan usaha. Pemilihan lokasi bisnis biasanya berlandaskan pada segmen pasar atau target pembeli. Selain itu dalam memilih lokasi perusahaan haruslah mempertimbangkan hal berikut:
a. Akses, yaitu lokasi yang dilalui mudah dijangkai sarana transportasi umum.
b. Visibilitas, yaitu lokasi atau tempat yang dapat dilihat dengan jelas dari jarak pandang normal.
c. Lalu lintas, menyangkut dua pertimbangan utama, yaitu: Banyak orang yang berlalu lalang bisa memberikan peluang besar terjadinya impulse buying, yaitu keputusan pembelian yang sering terjadi spontan atau tanpa perencanan. Kepadatan dan kemacetan lalu lintas bisa juga menjadi hambatan.
d. Tempat parkir yang luas, nyaman dan aman.
e. Ekspansi, yaitu tersedia tempat yang cukup luas untuk perluasan usaha di kemudian hari.
f. Lingkungan, yaitu daerah sekitar yang mendukung jasa yang ditawarkan.
g. Kompetisi, yaitu lokasi pesaing. Dalam menentukan lokasi sebuah usaha, perlu dipertimbangkan apakah di jalan atau daerah tersebut telah terdapat banyak usaha yang sejenis atau tidak.
Biasanya suatu lokasi disebut strategis bila berada dipusat kota, kepadatan populasi, kemudahan mencapainya menyangkut kemudahan transportasi umum, kelancaran lalu lintas dan arahnya tidak membingungkan pelanggan.
Hal yang paling penting untuk meningkatkan tingkat kepuasaan pelanggan adalah mutu produk atau jasa yang ditawarkan. Maka dari itu, perusahaan harus memastikan selalu memilih dan menggunakan produk berkualitas, sehingga pelanggan merasa puas dan tidak ragu untuk kembali membeli produk ataupun jasa yang ditawarkan. Pengaruh mutu produk ini juga bisa menjadi salah satu strategi pemasaran terbaik, sebab sering dijumpai pelanggan akan merekomendasikan produk tersebut kepada keluarga ataupun teman-temannya.
Jadi itulah faktor faktor yang bisa memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Apabila anda ingin bisnis anda berjalan dengan lancar dan pelanggan puas terhadap produk ataupun jasa yang anda tawarkan, perhatikan 4 faktor yang sudah diuraikan di atas.
Nah penjelasan-penjelasan diatas tadi adalah hal yang Haswara terapkan pada kegiatan kesehariannya juga lho sobat! gak percaya? Buktikan sendiri! untuk info kerjasama outsourcing kamu bisa hubungi contact person kami di website ini atau kunjungi laman sosmed Haswara, kami tunggu ya~~