Mendapat pekerjaan ditempat baru merupakan sesuatu yang menyenangkan karena bisa berkenalaan dengan rekan kerja baru, suasana baru dan menerima tantangan baru. Namun dengan memasuki tempat kerja yang baru, kamu dituntut untuk siap dengan segala perubahan seperti iklim kerja, rekan kerja, bos baru, tanggung jawab baru, gaji baru, serta tantangan baru. Kemampuan adaptasi yang baik sangat diperlukan, karena semakin cepat kamu dapat beradaptasi, semakin cepat juga kamu dapat bekerja maksimal. Kawan Haswara, Berikut tips beradaptasi di tempat kerja baru.
Pada minggu-minggu pertama bekerja, sebagai karyawan baru, tentunya kamu akan mendapatkan bimbingan dari tim HRD yang disebut masa Perkenalan atau onboarding. Pada minggu-minggu perkenalan (Onboarding), fokuskan tubuh dan pikiran, usahakan untuk tidur cukup. Perhatikan dan tanya apabila ada hal-hal yang kurang jelas, karena pada saat ini kamu akan dikenalkan dengan berbagai info yang berhubungan dengan internal perusahaan. Mulai dari struktur organisasi, cakupan aktivitas bisnis perusahaan, visi dan nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan, serta lingkungan departemen tempa kamu bekerja. Tujuan dari Onboarding adalah untuk mengenalkan perusahaan dan membuat karyawan baru familiar dengan kultur, regulasi, gaya kerja, dan departemen yang ada.
Untuk dapat mengenal dan dikenal sesama rekan kerja, kamu tidak dapat hanya duduk diam dan menunggu ditanya oleh orang lain. Kamu harus mencari sebanyak-banyaknya bahan obrolan yang dapat digunakan untuk membangun hubungan pertemanan baru sehingga berhasil beradaptasi di perusahaan baru. Dapat memulai obrolan singkat seperti menanyakan kabar, membicarakan seputar isu yang sedang hangat, ataupun sesederhana hobi dan film favorit.
Salah satu proses adaptasi lain yang bisa kamu tunjukkan adalah dengan menunjukkan kualitas diri. Membuka diri pada hal-hal yang ada di kantor baru memang penting, tapi, kamu juga perlu menunjukkan kemampuan apa yang dimiliki sehingga mudah dikenali. Dengan menunjukkan kualitas diri, rekan dan bos akan lebih mengenal Anda, dan jika kamu sukses menunjukkan kualitas diri, maka kamu dianggap sukses melakukan adaptasi dengan kantor baru Anda.
Ditempat baru, mungkin kamu akan menemukan tempat yang tidak sesuai dengan harapan. Namun, hindari untuk mengajukan komplain atas kondisi yang ditemukan di sana, sebab ini akan membuat terlihat tidak profesional. Hal ini juga menjadi proses adaptasi kamu di tempat kerja baru. Selain itu, jangan biarkan tempat kerja kamu berantakan dan terlihat kotor, karena akan membuat tidak nyaman ketika bekerja. Buatlah dirimu senyaman mungkin di tempat kerja baru, karena itu juga merupakan bagian dari proses adaptasi.
Nah kawan, Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk beradaptasi di tempat kerja baru, Semoga sukses di tempat kerja baru kamu ya Kawan.
Terimakasih kak