blog-img
09/05/2023

Tips Ampuh Perkenalan Diri Saat Wawancara Kerja

Rosa Linda Jati | Dunia Kerja

Hallo Kawan Haswara..  
Dalam proses seleksi kerja, selain memiliki resume yang baik, sesi perkenalan diri saat wawancara juga menjadi salah satu faktor keberhasilan Kawan Haswara mendapatkan pekerjaan impian. Banyak orang yang mengabaikan cara perkenalan ini karena merasa sudah benar. Padahal ada beberapa prinsip yang harus anda pegang agar tetap elegan ketika di hadapan HRD atau pimpinan Perusahaan. 
Simak tips perkenalan diri saat wawancara kerja berikut ini :


1. Pastikan diri anda nyaman
Pastikan kondisi anda berada dalam situasi yang nyaman agar tidak gerogi ketika wawancara dimulai. Meskipun di sisi lain perasaan gerogi itu merupakan hal yang wajar, namun rasa gerogi bisa mengganggu kelancaran wawancara. 


2. Siapkan salam singkat
Ketika anda bertemu dengan recruiter, berikan salam singkat agar timbul kesan pertama yang baik dan sopan. Sebagai contohnya: “Haloo.. selama pagi/siang/sore” sambil tersenyum hangat dan berjabat tangan recruiter. Setelah recruiter memperkenalkan dirinya, respon kembali dengan kalimat “senang bertemu dengan Anda”. 


3. Gesture atau bahasa tubuh yang baik
Cara memperkenalkan diri saat interview yang ketiga adalah dengan menunjukkan bahasa tubuh yang professional. Berikan senyuman yang ramah dan kontak mata yang sewajarnya atau tidak berlebihan.


4. Sebutkan nama lengkap dan nama panggilan
Biasanya anda akan diminta untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu, cukup sebutkan nama lengkap atau panggilan, domisili dan posisi yang dilamar.  


5. Fokuskan cerita pada pengalaman dan prestasi yang pernah anda raih
Fokuskan cerita pada pengalaman, prestasi, pencapaian hingga kemampuan yang anda miliki. Tujuan menjelaskan hal ini agar anda dapat meyakinkan recruiter atas kemampuan yang anda miliki untuk menempati posisi yang dibutuhkan. Misalnya seperti ini:
“Selama 3 tahun ke belakang, saya menempati beberapa posisi dan berbagai macam jenis pekerjaan di Perusahaan sebelumnya. Seperti mengembangkan produk hingga memasarkannya ke berbagai daerah melalui pemasaran secara online. Kemudian beberapa waktu lalu, saya juga sudah menyelesaikan beberapa pelatihan terkait manajemen produk dan pemasarannya”.


6. Salam penutup dengan menjelaskan alasan Anda melamar posisi tersebut
Tutup cerita anda dengan menjelaskan alasan melamar pada perusahaan tersebut. 
“Oleh karena itu, bisa bergabung di perusahaan ini merupakan kesempatan besar bagi saya yang tidak akan disia-siakan agar saya bisa meningkatkan keterampilan dan ikut memajukan perusahaan kearah yang lebih baik”.  


Demikian  informasi mengenai tips ampuh perkenalan diri saat wawancara kerja. Apakah kawan Haswara sudah siap untuk bekerja di perusahaan impian? Jika iya, jangan sampai ketinggalan berita terupdate, segera kunjungi Instagram Haswara.Official. Karena terdapat banyak lowongan pekerjaan yang menanti  anda. Yuk, cek sekarang juga! 

Bagikan Ke:

Populer