Hallo Kawan Haswara..
Customer experience menjadi salah satu faktor penentu atas keberhasilan bisnis seseorang. Terlebih lagi dengan maraknya penggunaan media sosial saat ini yang memudahkan para konsumen berbagai pengalaman, value dari customer experience pun makin meningkat. Customer experience merujuk pada persepsi atau pengalaman yang ditunjukkan konsumen terhadap sebuah brand.
Nah, untuk meningkatkan customer experience, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan seperti berikut ini:
1. Kenali konsumen Anda
Lakukan riset untuk mengumpulkan data penting tentang siapa dan apa saja kebutuhan yang akan dibutuhkan konsumen terhadap barang atau jasa yang akan Anda berikan. Lalu bagi konsumen dengan menyesuaikan karakteristik, preferensi, kebutuhan, dan perilaku lalu sesuaikan pelayanan untuk setiap kelompok.
2. Migrasi ke saluran digital
Teknologi kian membantu pelanggan untuk lebih mudah terhubung oleh sebuah brand. Dengan teknologi, pebisnis bisa berkomunikasi sampai bertransaksi dengan mudah via perangkat digital yang mereka miliki.
3. Siapkan strategi customer journey (customer experience strategy)
Customer journey ibaratnya adalah sebuah cerita perjalanan pelanggan yang disiapkan oleh bisnis saat awal membawa calon pembeli sampai mereka melakukan proses transaksi. Dalam menyiapkan customer journey, pebisnis harus memahami setiap aspek dari customer experience mulai dari sebelum sampai sesudah penjualan (customer experience management).
4. Tingkatkan interaksi dengan pelanggan
Salah satu bagian penting dalam meningkatkan customer experience adalah orang yang berhubungan langsung dengan pelanggan atau yang kita kenal sebagai customer service. Fungsi dan peran customer service antara lain sebagai customer relation, media penjualan, garda depan, sekaligus bertugas dalam data entry.
5. Memperluas akses informasi
Untuk agar lebih dikenal, langkah yang bisa Anda gunakan adalah dengan memaparkan produk Anda melalui iklan. Anda bisa meningkatkan akses informasi produk dengan menyiapkan dan menjalankan strategi digital marketing melalu media sosial.
6. Ciptakan hubungan emosional
Cara efektif lainnya adalah dengan membangun hubungan emosional dengan pelanggan dalam artian yang positif. Salah satu faktor yang mampu meningkatkan pengalaman pelanggan yang terbaik dapat dicapai saat pihak penjual mampu menciptakan hubungan emosional dengan pelanggannya.
7. Proaktif kepada konsumen
Tempatkan konsumen menjadi hal yang utama dan penting untuk diperhatikan dalam meningkatkan customer experience. Pastikan Anda sudah mengenal konsumen Anda, sehingga Anda semakin dapat memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.
Demikian informasi mengenai strategi yang efektif untuk meningkatkan customer experience. Kini Haswara hadir sebagai perusahaan Outsourcing penyedia tenaga kerja berkualitas yang siap membantu mengembangkan bisnis anda. Kami menyediakan beberapa jenis kerjasama seperti paying agent, recruitment services, dan head hunter. Apabila anda membutuhkan digital marketing atau sales marketing silahkan kunjungi Instagram kami Haswara.Official sekarang juga!