blog-img
28/04/2023

Strategi Product Analytics Dalam Memasarkan Produk

Rosa Linda Jati | Dunia Kerja

Hallo Kawan Haswara..  

 
Pemasaran produk baik itu produk fisik (tangible) maupun produk perangkat lunak (intangible) yang sudah jadi atau baru sekedar produk MVP (minimum viable product) bukanlah proses bisnis yang mudah. Sebab, tim produk membutuhkan banyak usaha, waktu, dan biaya operasional bisnis (business cost) dalam jumlah besar agar produknya senantiasa memiliki product value dan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan sebagai pengguna akhir produk. Untungnya, semua tantangan tersebut dapat teratasi apabila tim produk menerapkan praktik product analytics. Product analytics merupakan bagian integral dari kesuksesan strategi produk. Di mana proses analisis bisnis ini akan memberi semua data dan informasi yang tim produk butuhkan untuk menciptakan produk yang berkualitas (product-led growth). Dengan begitu, perusahaan dapat menyajikan insight bagaimana pelanggan berinteraksi dengan produk (product insight), fitur produk apa yang pelanggan suka, dan permasalahan apa yang sedang pelanggan hadapi (customer pain point).

 
Manfaat Strategi Product Analytics dalam Memasarkan Produk?

 

  • Membantu proses product discovery untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pelanggan (customer acknowledgement) agar dapat mengembangkan produk yang sepenuhnya memenuhi kebutuhan pelanggan.  

 

  • Mempertahankan sekaligus meningkatkan keunggulan kompetitif produk bisnis dibandingkan produk kompetitor lainnya (product differentiation).  

 

  • Mengoptimalkan upaya product enablement maupun product knowledge karena perusahaan berpartisipasi dalam onboarding karyawan terkait pemasaran produk (product marketing) atau layanan bisnis (services marketing).  

 

  • Memaksimalkan ketercapaian product-market fit Mengakuisisi pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada (customer retention).  

 

  • Mendorong loyalitas pelanggan dalam menggunakan produk atau layanan bisnis secara berkala (brand loyalty).  

 

  • Memaksimalkan keuntungan atau profitabilitas dari setiap pendapatan bisnis (revenue). 

 

  • Menganalisis data tentang interaksi pelanggan dengan produk atau layanan bisnis (customer touchpoint).  

 

  • Berfokus pada engagement pengguna produk atau layanan yang juga merupakan pelanggan bisnis (customer engagement).  

 

  • Bertujuan untuk memahami dan mengoptimalkan keseluruhan customer journey.  

 

Demikian informasi mengenai strategi product analytics dalam memasarkan produk. Kini Haswara hadir sebagai perusahaan Outsourcing penyedia tenaga kerja berkualitas yang siap membantu mengembangkan bisnis anda. Kami menyediakan beberapa jenis kerjasama seperti paying agent, recruitment services, dan head hunter. Apabila anda membutuhkan sales marketing atau posisi lainnya silahkan kunjungi Instagram kami Haswara.Official sekarang juga ya!

Bagikan Ke:

Populer