Hallo Kawan Haswara..
Brand awareness adalah kemampuan konsumen dan calon konsumen dalam mengenali suatu merek, produk, atau jasa. Memiliki brand awareness yang kuat adalah kunci bagi perusahaan agar bisa unggul dalam persaingan bisnis.
Pada dasarnya ada beberapa jenis dan tingkatan brand awareness yang berbeda, seperti:
1. Brand recall
Brand recall merupakan kemampuan pelanggan untuk mengingat nama sebuah brand dari memori mereka secara cepat berdasarkan kategori produk.
2. Brand recognition
Brand recognition adalah kemampuan pelanggan untuk membedakan suatu merek membuat kontak dengan produk tersebut.
3. Top of mind awareness
Top of mind awareness merupakan merek pertama yang muncul di benak pelanggan ketika ditanyai pertanyaan tentang kategori produk.
4. Brand dominance
Brand dominance terjadi ketika konsumen hanya dapat mengingat satu nama merek dalam kategori produk. Ketika banyak orang hanya dapat mengingat satu nama merek dalam kategori produk, maka ini dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan sebuah merek.
Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness.
1. Menggencarkan promosi secara online
2. Mengoptimalkan search engine optimization (SEO)
3. Menggunakan kemasan khusus yang mencerminkan brand
4. Memanfaatkan peran influencer untuk promosi produk
5. Menjaga kesetiaan konsumen terhadap produk
6. Mensponsori acara tertentu
7. Menjalin kolaborasi dengan brand yang lebih besar
8. Tawarkan freemium
Demikian informasi mengenai strategi Brand Awareness dalam meningkatkan penjualan bisnis usaha. Kini Haswara hadir sebagai perusahaan Outsourcing penyedia tenaga kerja berkualitas yang siap membantu mengembangkan bisnis anda. Kami menyediakan beberapa jenis kerjasama seperti paying agent, recruitment services, dan head hunter. Apabila anda membutuhkan digital marketing atau sales marketing silahkan kunjungi Instagram kami Haswara.Official sekarang juga!