Hallo Kawan Haswara..
B2B Marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang dikhususkan untuk meraih pasar pebisnis atau organisasi. Tujuan B2B marketing adalah membuat klien bisnis anda familiar dengan brand, value produk, dan layanan anda, sehingga dapat mengubah mereka menjadi pelanggan. Ini berbeda dengan model bisnis B2C. B2C merupakan singkatan dari business–to–consumer, di mana produk dijual langsung pada konsumen. Anda akan menemukan strategi B2B marketing untuk mengembangkan bisnis secara lebih efektif dan efisien dibawah ini :
1. Analisis Kompetitor
Dengan melakukan analisis kompetitor, anda dapat mengetahui siapa pesaing bisnis Anda dan apa saja yang perlu anda tingkatkan untuk dapat bersaing dengan mereka. Selain itu, anda juga dapat menggunakan Analisis SWOT untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan pesaing anda. Ini akan membantu anda untuk membuat strategi atau kampanye pemasaran B2B yang efektif dan sukses.
2. Berbicara Langsung dengan Decision Maker
Jika dalam proses lead generation berhasil mengajak meeting prospek, pastikan anda berbicara langsung ke decision maker di perusahaan tersebut, bukan hanya meeting dengan staf biasa. Hal ini penting karena akan memudahkan tim sales anda mengetahui kebutuhan mereka dengan jelas dan menawarkan solusi dari produk atau jasa anda dengan lebih tepat.
3. Buat Website
Pada zaman dulu, halaman web dianggap sebagai brosur digital. Di masa kini, asumsi itu sudah tidak berlaku lagi. Website merupakan investasi penting untuk pemasaran B2B. Website juga membuka diri anda pada dunia digital. Peluang nama anda terdengar pun jadi semakin besar
4. Gunakan pemasaran konten
Nah, setelah punya website, apa saja yang harus anda tuliskan di sana? Di sinilah content marketing bisa berperan. Mereka butuh sepotong informasi sebelum jadi pelangganmu. Dengan alasan ini, konten adalah salah satu kunci suksesnya B2B marketing. Melaluinya, anda bisa dengan mudah menjangkau audiens. Penulisan konten juga bisa memanfaatkan SEO. Dengan begitu, nama anda makin bergaung di dunia digital.
5. Manfaatkan pemasaran email
Strategi pemasaran ini memang terbukti sukses untuk B2B. Email bisa meningkatkan engagement di antara anda dan audiens. Ini tentu bisa memicu munculnya leads, hingga mereka menjadi pelanggan anda. Anda juga bisa membuat strategi ini sejalan dengan pemasaran konten.
6. Terapkan pemasaran media sosial
Media sosial adalah tempat yang berpeluang besar bagi strategi B2B marketing. Langkah ini memiliki sebuah tantangan. Menghubungkan akun media sosial B2B dengan perusahaan lain tidaklah mudah. 75% pembeli B2B dan 84% pimpinan perusahaan merupakan pengguna media ini. Itu berarti, dengan memiliki akun media sosial, anda bisa lebih dekat dengan mereka. Terlebih lagi, media ini bisa jadi wadah memperlihatkan reputasi perusahaanmu.
Kini Haswara hadir sebagai perusahaan Outsourcing penyedia tenaga kerja berkualitas yang siap membantu mengembangkan bisnis anda. Kami menyediakan beberapa jenis kerjasama seperti paying agent, recruitment services, dan head hunter. Apabila anda membutuhkan digital marketing atau content marketing silahkan kunjungi Instagram kami Haswara.Official sekarang juga!