Pada umumnya setiap Perusahaan harus memiliki seseorang yang mengelola dan mengatur segala urusan terkait tenaga kerja pada perusahaan tersebut. Human Resources Development atau manajemen sumber daya manusia adalah divisi yang dimaksud. Semua kegiatan rekrutmen hingga maintenance karyawan akan dilksanakan oleh divisi HRD. Namun selain melaksanakan proses rekrutmen, tugas seorang staff HRD tidak hanya sebatas melakukan rekrutmen loh melainkan banyak hal lainnya! Ingin tahu apa saja? Yuk simak artikel di bawah ini!
Dilansir dari Glints.com (13/7/22) berikut beberapa tugas HRD perusahaan :
1. Melakukan Perencanaan Tenaga Kerja
Sebelum memulai perekrutan karyawan, HR harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan perusahaan di masa yang akan datang kemudian seberapa banyak tenaga kerja yang dibutuhkan. Perencanaan ini akan membantu proses perekrutan, seleksi hingga pengembangan karyawan.
2. Melaksanakan proses rekrutmen dan seleksi
Tugas ini adalah tugas yang paling penting karena seorang HR bertugas untuk mendapatkan karyawan yang terbaik untuk perusahaan. Untuk mendapatkan karyawan yang terbaik penting untuk HR mengetahui visi misi perusahaan dan karyawan dengan kualifikasi seperti apa yang akan cocok dengan pekerjaan tersebut.
3. Mengelola kinerja dan melakukan evaluasi karyawan
Agar perusahaan bergerak mencapai kesuksesan, perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang produktif dan dengan kinerja maksimal. Untuk itu perlu dilakukannya evaluasi atau performance review agar kinerja karyawan dapat dilihat secara menyeluruh.
4. Pengembangan kemampuan dan perencanaan karir karyawan
Melalui kegiatan ini, karyawan dapat mengembangkan skill dan potensi mereka di masa yang akan datang. Kemudian tugas ini juga akan membantu perusahaan dalam mempertahankan karyawan dan kesuksesan employer branding.
Nah berikut ini adalah beberapa kualifikasi untuk menjadi HRD nih! Yuk disimak!
1. Latar belakang pendidikan yang sesuai untuk menjadi HRD pada umumnya adalah Psikologi
2. Kemampuan komunikasi yang baik
3. Kemampuan mengoperasikan komputer untuk menggunakan HRIS
4. Mempunyai empati yang tinggi dan kemampuan problem solving
Nah berikut beberapa tugas dan kualifikasi menjadi seorang HR! Tertarik?
Terimakasih info nya kak
Tertarik Min........