Hallo Kawan Haswara,
Perkembangan teknologi serta komunikasi menjadi sebuah lintasan yang tak bisa kita hindari. Keluar dari jalurnya akan menyulitkan segalanya. Kemudahan dalam mengakses segala informasi yang ada membuat kemampuan penyaringan informasi kita diuji. Selain itu, cara kita dalam mengambil keputusan juga akan tergoyah apabila punya banyak kesempatan dan pilihan. Tak jarang kelebihan informasi yang sebenarnya tidak kita butuhkan akan mempengaruhi kestabilan emosi. Untuk mengelola dan mengantisipasi hal tersebut, terdapat beberapa langkah yang dapat kita lakukan, yakni:
1. Give Yourself Some Space
Kamu dapat melakukan evaluasi terhadap informasi apa saja yang telah kamu dapatkan dalam kurun waktu satu minggu. Apabila terdapat informasi yang sekiranya tidak kamu butuhkan atau mengganggu perasaan serta pikiran, kamu dapat segera mengatasinya. Berikan ruang dan tetapkan batas untuk diri sendiri. Meskipun terdapat email, notifikasi sering membuyarkan konsentrasi, kamu tetap harus menyelesaikan pencarian sampai informasi yang kamu butuhkan sudah cukup.
2. Planning
Buatlah rencana dalam proses penggalian informasi yang akan kita dapatkan. Pembuatan jadwal seperti kapan harus fokus untuk menyelesaikan pekerjaan serta mencari informasi semaksimal mungkin, serta kapan waktu untuk membuka media sosial serta tentu menyaring informasi yang ada. Hal tersebut berkaitan erat juga dengan kedisiplinan diri sendiri.
3. Throwing The Distraction
Meminimalisir distraksi yang terjadi merupakan hal yang penting dalam kehidupan kita. Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menonaktifkan notifikasi ketika sedang mencari informasi untuk kebutuhan pekerjaan ataupun studi. Dalam penggunaan Smartphone kita, terdapat sebuah fitur “Fokus” yang dimana kita dapat mengatur konsentrasi kita dengan menonaktifkan beberapa hal seperti pemberitahuan notifikasi serta filter notifikasi yang masih bisa kita lihat.
4. Make Your Own Deadline and Reminder
Pemberian batasan waktu terhadap diri sendiri pada setiap tugas pekerjaan ataupun aktivitas merupakan salah satu cara yang efektif dalam rangka meminimalisir information overload. Sebagai contoh, dalam penggunaan waktu untuk scroll media sosial pada jam makan siang saja dan untuk waktu selebihnya digunakan untuk mencari informasi sesuai dengan kebutuhan kerja, konten dan sebagainya
5. Detox
Dalam tahap terakhir ini, kamu tidak harus untuk menonaktifkan media sosial, tapi lebih kepada membersihkan informasi-informasi yang sebenarnya tidak perlu kamu ketahui. Sebagai contoh, membersihkan laman informasi pada jendela google chrome serta mempertahankan jendela laman informasi yang penting saja dan masih banyak contoh detox lainnya. Apabila terdapat hal yang memenuhi pikiranmu, segera sadari serta buanglah jauh-jauh.
Semangat bekerja! Tunggu apalagi?!! Apply yuk!! Untuk info kerjasama outsourcing kamu bisa hubungi contact person kami di website ini atau kunjungi laman sosmed Haswara, kami tunggu.
Sumber: Buku You Can ! How to stand up for yourself - Sasqia Sheren