blog-img
16/02/2023

Pemasaran Di Media Sosial

Nayah | Dunia Kerja

Halo kawan Haswara!!

Pemasaran pada awal abad 21 sedikit demi sedikit mulai mengalami perubahan, peristiwa tersebut ditunjang dengan kegiatan pengembangan di sektor teknologi. Cara berkomunikasi dalam pemasaran juga mendapatkan modernisasi atau perbaikan, berawal dari komunikasi pemasaran secara person-to-person (orang ke orang) hingga saat ini diarahkan pada computer mediated communication dengan new wave technology, yaitu komunikasi berbasiskan pada teknologi yang memberikan kemudahan kepada penggunannya untuk mengekspresikan diri dan berkolaborasi dengan pengguna lainnya. Filosofi ini merupakan dasar dari terbentuknya media sosial (social media).

Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Penggunaan platform media sosial naik secara signifikan. Sebagian dari masyarakat Indonesia kini menjadikan media sosial sebagai bagian dari gaya hidup serta aktivitas mereka. Hal ini merupakan peluang yang baik dan seyogyanya dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memasarkan produk ataupun jasa yang mereka tawarkan. Lalu apasi pemasaran media sosial?

Pemasaran media sosial menurut Salvatore (2005:129) adalah sebuah media pemasaran yang dilakukan secara online dengan keterlibatan masyarakat di dalamnya untuk membentuk sebuah pasar di dunia maya.

Pemasaran di media sosial bisa dilakukan pada platform twitter, tiktok, Instagram, facebook dan lain lain. Melalui media ini perusahaan atau brand bisa melakukan promosi yang terstruktur dan tepat sasaran.

Agar perusahaan bisa dengan lancar melakukan pemasaran di media sosial, sebuah perusahaan haruslah memerhatikan komponen berikut:

1. Fokus pada sasaran
Pemasaran yang fokus dan tepat sasaran agak susah dilakukan. Sebelum memasarkan produk ada baiknya menentukan targetnya terlebih dahulu. Lebih baik melakukan promosi kepada ratusan orang yang tepat sasaran daripada ribuan orang yang belum tentu mau membaca konten promosinya. Karena jika menawarkan suatu produk ke target yang salah, maka penjualan akan sia sia dan tidak efektif, berbeda jika kita memasarkan produk ke target yang tepat, penjualan akan lancar dan bisa meningkat.

2. Mencoba beberapa platform
Dalam pemasaran di sosial media, jangan hanya berfokus pada satu platform saja. Agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen, perusahaan haruslah bisa mempromosikan produknya di berbagai platform yang ada.

3. Rajin berinteraksi
Saat melakukan pemasaran dimedia sosial, jangan melupakan berinteraksi dengan konsumen. Saat ada konsumen yang bertanya atau melakukan komplain, perusahaan harus menanggapinya dengan baik. Selain itu dalam menanggapi konsumen, pembawaan yang asik dan ramah akan membuat konsumen senang.

4. Melakukan paid promod pada influencer
Menggunakan influencer juga bisa digunakan untuk menarik banyak pembeli. perusahaan bisa menggunakan beberapa selebriti atau selebgram yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Hal itu akan membuat followers influencer tersebut melihat dan akan tertarik pada produk yang kita tawarkan.

Kunjungi website www.haswara.co.id untuk mendapatkan berbagai macam tips tentang kehidupan, karir, pengembangan diri, dll. Selain itu, Haswara juga siap membantu segala permasalahan tentang karyawan di perusahaan. Karena kami adalah Tempat Terbaik Untuk Bekerja Sama.

Bagikan Ke:

Populer