blog-img
05/05/2023

Kenali Strategi Affiliate Marketing Dan Manfaatnya Dalam Dunia Bisnis

Rosa Linda Jati | Dunia Kerja

Hallo Kawan Haswara..     

Dalam dunia bisnis terdapat istilah affiliate marketing yang menurut Big Commerce adalah proses dimana afiliasi mendapatkan komisi untuk pemasaran produk atau jasa orang dari perusahaan. Affiliate marketing merupakan program di mana seseorang harus mempromosikan dan menawarkan produk atau jasa dari sebuah perusahaan atau brand. Kemudian jika usahanya berhasil maka seseorang itu mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang muncul.  

Terdapat tiga pihak yang terlibat dalam affiliate marketing:

  1. Merchant: Pihak yang memiliki kepemilikan atas suatu produk. Pihak ini juga bisa disebut sebagai brand.
  2. Affiliate: Pihak yang melakukan promosi dan penawaran produk. Affiliate biasanya memiliki kemampuan untuk memengaruhi (influence) orang-orang untuk membeli produk.  
  3. Pelanggan:  Pihak yang melakukan pembelian.

Kelebihan Affiliate Marketing

  1. Biaya Rendah; Perusahaan biasanya menyediakan skema komisi untuk menarik minat para afiliasi untuk memasarkan produk mereka. Komisi ini umumnya jauh lebih murah dibandingkan jika perusahaan melakukan iklan masif online maupun offline untuk menjual produknya. Tentu saja opsi ini menguntungkan bagi perusahaan.
  2. Menjangkau pasar yang lebih luas Model bisnis ini memungkinkan perusahaan menjangkau pasar yang lebih luas sekaligus customer base yang lebih banyak. Pasalnya model bisnis ini umumnya terbuka untuk umum dan siapa saja dapat mendaftar.
  3. Risiko yang rendah; Dalam model bisnis ini, perusahaan hanya akan memberikan komisi jika telah terjadi konversi. Hal ini menunjukkan tingkat risiko affiliate marketing yang tergolong kecil dan aman bagi bisnis.

Demikian informasi mengenai strategi affiliate marketing dan manfaatnya dalam dunia bisnis. Kini Haswara hadir sebagai perusahaan Outsourcing penyedia tenaga kerja berkualitas yang siap membantu mengembangkan bisnis anda. Kami menyediakan beberapa jenis kerjasama seperti paying agent, recruitment services, dan head hunter. Apabila anda membutuhkan sales marketing atau posisi lainnya silahkan kunjungi Instagram kami Haswara.Official sekarang juga!

Bagikan Ke:

Populer