blog-img
30/05/2023

Kenali Jenis Jenis Strategi Pemasaran Dalam Dunia Bisnis

Rosa Linda Jati | Dunia Kerja

Hallo Kawan Haswara..


Bisnis atau perusahaan memerlukan pemasaran agar produknya lebih dikenal oleh banyak orang. Pemasaran atau marketing ini ada strateginya, sehingga bisa menyasar calon pelanggan yang benar-benar membutuhkan produk kita. Menentukan strategi pemasaran pun termasuk dalam kegiatan perencanaan penting yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan. Biasanya, strategi pemasaran mulai disusun setelah menentukan target atau segmentasi pasar. 


Ada delapan macam strategi pemasaran yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk menarik konsumennya. Untuk memilih strategi pemasaran yang tepat, sesuaikan saja dengan tujuan perusahaan dan segmentasi pasarnya. Karena itulah, bisnis dan perusahaan perlu memiliki tujuan yang kuat, sehingga citra dan produk mereka bisa disampaikan dengan baik melalui strategi pemasaran ini.
Berikut ini adalah macam-macam strategi pemasaran yang bisa dicoba untuk bisnis kamu.


1. Paid Advertising
Paid advertising atau iklan berbayar sudah dilakukan sejak abad ke-18. Kini, iklan berbayar bisa juga dilakukan di internet dengan metode paid per click (PPC). Biayanya juga lebih murah bila dibandingkan dengan metode tradisional.


2. Cause-Related Marketing
Strategi pemasaran ini dilakukan untuk mempromosikan perusahaan mereka, bukan produk atau bisnisnya. Tujuannya pun bukan hanya mengejar keuntungan, melainkan untuk amal dan mencapai kesejahteraan sosial. Misalnya, hasil penjualan produk yang sebagiannya akan didonasikan ke yayasan amal.


3. Relationship Marketing
Strategi pemasaran ini dilakukan dengan cara membangun dan mengembangkan hubungan yang erat dengan pelanggan atau audiens. Ini adalah strategi marketing yang penting namun sering dilupakan oleh bisnis karena mereka terlalu sibuk mengejar customer baru.


4. Undercover Marketing
Undercover marketing ini terbilang lebih susah-susah-gampang, karena kamu harus memasarkan produk ke pelanggan tanpa menyadari bahwa mereka sedang menjadi target iklan. Meskipun begitu, strategi pemasaran ini sangat hemat biaya saat diimplementasikan. Penerapan undercover marketing ini bermacam-macam, tapi contoh yang paling umum adalah endorsement oleh influencer. 


5. Word of Mouth
Keberhasilan word of mouth ini bergantung pada kesan orang lain terhadap produk yang dipromosikan.Strategi word of mouth ini sangat ampuh dalam menjaring target pasar yang baru. Kamu juga bisa melakukan strategi ini, asalkan produk dan pelayanan yang diberikan benar-benar sesuai dengan ekspektasi mereka.


6. Internet Marketing
PPC yang disebutkan di poin nomor satu juga termasuk strategi ini. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan power of social media untuk memasarkan produk atau bisnis. Ada dua opsi pemasaran di media sosial, yaitu secara organik atau memasang iklan berbayar.


7. Transactional Marketing
Transactional marketing dilakukan dengan metode dasar pemasaran yang dikenal dengan 4P, yaitu product, price, placement, dan promotion. Strategi pemasaran ini lebih cocok dilakukan dalam jangka pendek karena menawarkan produk secara langsung kepada pelanggan.


8. Diversity Marketing
Terakhir adalah diversity marketing, yaitu memasarkan produk kepada banyak orang dengan latar belakang yang berbeda. Praktek diversity marketing ini pun berbeda demi menjangkau konsumen dari daerah tertentu. Strategi diversity marketing ini lebih sering dilakukan oleh international brand yang bisnisnya sudah mendunia.

Demikian informasi mengenai jenis jenis strategi pemasaran dalam dunia bisnis. Kini Haswara hadir sebagai perusahaan Outsourcing penyedia tenaga kerja berkualitas yang siap membantu mengembangkan bisnis anda. Kami menyediakan beberapa jenis kerjasama seperti paying agent, recruitment services, dan head hunter. Apabila anda membutuhkan sales marketing atau posisi lainnya silahkan kunjungi Instagram kami Haswara.Official sekarang juga!
 

Bagikan Ke:

Populer