blog-img
25/11/2022

Kenali Istilah Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Rosa Linda Jati | Dunia Kerja

Hallo Kawan Haswara..    

Untuk kamu yang baru lulus dan akan memasuki dunia kerja tentunya harus mengetahui beberapa istilah dalam dunia kerja agar nanti nya komunikasi dapat berjalan dengan lancar. Berikut Haswara rangkum istilah dalam dunia kerja yang perlu kamu ketahui dibawah ini:

1. Whistle Blower
Apakah kawan Haswara masih asing dengan istilah ini? Whistle Blower memiliki arti bahwa karyawan yang melakukan kecurangan dan mengakibatkan perusahaan rugi. Hal merugikan seperti ini bisa ditindaklanjuti sesuai dengan kebijakan perusahan masing-masing.

2. Turn Over
Turn Over adalah istilah yang sering digunakan oleh perusahaan besar pada tingkat pergantian karyawan atau pengeluaran karyawan, baik itu akibat pengunduran diri maupun PHK dari pihak perusahaan.

3. Breach of Contract
Istilah ini sering digunakan bagi karyawan yang melanggar kontrak kerja. Saat pertama kali menerima surat kontrak kerja dan sudah menyetujui dan menandatanganinya namun karyawan tidak menepati kontrak yang dibuat.

4. Over Time
Istilah ini sering kali digunakan untuk para karyawan pejuang malam, ya kata over time artinya lembur.

5. Minutes of Meeting (MOM)
Istilah ini digunakan saat melakukan meeting biasanya untuk menunjuk catatan yang digunakan saat meeting dan ringkasan hasil dari meeting tersebut. Sehingga para anggota karyawan yang melakukan meeting bisa mengetahui isi dari meeting tersebut.

6. KPI atau Key Performance Indicators
KPI berisikan poin-poin yang berkaitan dengan indikator kerja, indikator yang bisa diukur sehingga jelas bisa diketahui apakah target kerja karyawan atau divisi dalam perusahaan bisa tercapai atau tidak. KPI biasanya digunakan sebagai patokan atau arahan para karyawan dalam bekerja.

7. OKRs atau Objective Key Results
Memiliki kaitan yang sama dengan KPI namun berbeda. OKRs adalah indikator kerja karyawan yang dapat diukur dengan jelas biasanya berupa patokan angka bukan hanya sekedar kalimat namun berupa jumlah. Sehingga karyawan akan lebih terpacu untuk mencapai target kerja.

8. MOU atau Memorandum of Understanding
MoU sering kali digunakan perusahaan saat akan bekerja sama denga rekanan mereka. MoU sendiri merupakan surat perjanjian kerja sama antara pihak perusahaan dengan pihak partner yang akan melakukan kontrak dengan perusahaan.  

9. SOP atau Standart Operational Procedure
SOP pada satu perusahaan berbeda dengan perusahaan yang lainnya, bahkan antara divisi satu dengan lainnya pun berbeda. SOP ini merupakan peraturan tertulis atau prosedur yang wajib di patuhi oleh karyawan selama bekerja di perusahaan tersebut.  

10. ASAP
ASAP atau As Soon AS Possible merupakan sitilah yang sudah tidak asing lagi ya sepertinya dan sudah banyak digunakan tidak hanya di perusahaan saja. Istilah ini biasanya digunakan untuk project yang datangnya mendadak dan harus segera diselesaikan dengan waktu yang singkat.

Demikian  informasi mengenai Istilah yang perlu kamu ketahui sebelum memasuki dunia kerja. Apakah kawan Haswara sudah siap untuk bekerja di perusahaan impian? Jika iya, jangan sampai ketinggalan berita terupdate, segera kunjungi Instagram Haswara.Official. Karena terdapat banyak lowongan pekerjaan yang menanti kamu. Yuk, cek sekarang juga!

Bagikan Ke:

i

ilda
28 Nov 2022 09:38

terimakasih kak


Populer