blog-img
27/10/2023

Follow Up Customer Hinga Close Deal

nayah | Dunia Kerja

Hallo Kawan Haswara...

Setiap pelaku usaha memiliki teknik atau cara tersendiri agar dapat menghasilkan penjualan yang tinggi. Salah satunya adalah dengan follow up customer. Cara follow up customer dipilih karena dinilai lebih efisien agar pelanggan berbelanja. Pada dasarnya ada dua cara follow up customer. Pertama dilakukan sebelum pelanggan membeli dengan tujuan membujuk pelanggan tersebut untuk melakukan transaksi dengan bisnis. Sementara cara follow up customer kedua dilakukan setelah transaksi, tujuannya untuk menjaga pelanggan agar tetap setia dengan brand atau melakukan pembelian kembali.

Apa saja kata-kata yang bisa populer untuk membujuk mereka close deal? Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Seorang saleperson harus berinisiatif melakukan follow up untuk mengubah prospek menjadi pelanggan. Beberapa cara follow up customer yang belum melakukan pembelian adalah sebagai berikut:

1. Lakukan Follow Up atas Segala Hal

Tanpa adanya follow up, maka kalian tengah mensabotase bisnis kalian sendiri. Setelah mengikuti berbagai acara dan banyaknya email subscriber, serta followers di media sosial yang kalian kumpulkan, lucu jika kalian tidak melakukan apapun untuk menindak lanjuti pelanggan kalian.

2. Gunakan Auto-reply

Keluarkan sedikit dana yang kalian miliki untuk diinvestasikan ke platform penyedia jasa auto reply. Dengan memiliki akun berbayar di berbagai auto-reply yang tersedia, kalian tidak perlu repot melakukan menindaklanjuti satu persatu dan dapat dijadwalkan jauh hari sebelumnya.

3. Maksimalkan Penggunaan Auto Responder

Jika kalian sudah menggunakan tools auto responder, kalian harus menggunakannya semaksimal mungkin. Ciptakan berbagai kampanye berbeda yang ditujukan untuk customer dan kontak yang berbeda-beda, ciptakan seri follow up yang beragam, mulai dari melakukan upsell ke produk kalian dengan iming-iming produk gratisan yang berguna bagi mereka, berikan voucher gratis dan banyak lainnya.

4. Kurangi Basa-basi

Pesan follow up yang kalian berikan sebaiknya singkat padat jelas karena klien atau pelanggan punya kesibukan masing-masing. Ucapkan salam terlebih dahul, lalu utarakan tujuan kalian.

Bila kalian melakukan follow up melalui telepon, pastikan nada kalian juga sopan dan halus. Tujuan follow up yaitu menjaga hubungan dengan pelanggan.

5. feedback Pelanggan

Metode tindak lanjut umum lainnya adalah meminta pelanggan untuk menilai transaksi penjualan dalam formulir umpan balik. kalian dapat mengirimkan survei kepada pelanggan kalian dengan beberapa pertanyaan dan pilihan atau memberi mereka formulir yang lebih terbuka untuk diisi.

Follow up customer menjadi solusi untuk bisnis melakukan penjualan. Pasalnya salesman follow up mampu meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, salesman harus melakukan follow up customer, baik sebelum atau sesudah membeli produk. Yuk, segera diterapkan ya, Semangat bekerja! Tunggu apalagi?!! Apply yuk!! Untuk info kerjasama outsourcing kamu bisa hubungi contact person kami di website ini atau kunjungi laman sosmed Haswara, kami tunggu.

Sumber : https://qontak.com/blog/cara-follow-up/

Bagikan Ke:

Populer