Hallo Kawan Haswara,
Dalam dunia pekerjaan, sebuah perekrutan karyawan pasti akan dilaksanakan oleh setiap perusahaan hampir setiap bulan untuk mengisi posisi yang sedang dibutuhkan. Setelah melaksanakan perekrutan tersebut, maka karyawan baru akan segera masuk dan memberikan kontribusi pada perusahaan. Untuk perusahaan sendiri, perlu dilakukan sebuah pelatihan kepada para karyawan baru, membantu dalam proses transisi serta adaptasi mereka dengan organisasi, budaya serta perusahaan kalian. Biasanya, sebuah perusahaan akan menyediakan program latihan tersendiri untuk mengubah karyawan baru menjadi karyawan professional. Untuk menjalankan program pelatihan tersebut, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan yakni:
Membuat panduan dalam bekerja
Membuat panduan pelatihan tertulis yang berisi petunjuk dan informasi dalam bekerja akan menjadi sumber berharga bagi karyawan baru dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja. Petunjuk dapat berupa deskripsi pekerjaan yang komprehensif dan nilai-nilai perusahaan. Paparkan juga target pekerjaan mereka dengan jelas, dan ekspektasi yang diharapkan perusahaan.
Kalian tidak bisa begitu saja memberikan panduan / SOP kemudian berharap karyawan baru langsung mengerti dan menjalankannya, dan pastikan proses kerja yang Kalian siapkan telah mereka pahami. Pastikan mereka paham dan siap untuk bekerja.
2. Bantu mereka dalam beradaptasi
Bagi karyawan baru menjajaki pekerjaan baru merupakan hal yang sulit. Banyak alasan mereka terpaksa pindah pekerjaan, bisa pemutusan hubungan kerja, mengundurkan diri karena tidak sesuai dengan tempat kerja yang lama, atau alasan-alasan lainnya. Memasuki tempat kerja baru tentu mereka mencari cara bagaimana beradaptasi dengan kantor Kalian. Penanggung jawab proses transisi ini perlu bisa menjadi mentor yang menjelaskan perbedaannya, dan mempersiapkan mental transisi mereka dengan baik.
3. Pahami mereka
Karyawan baru bukanlah Kalian yang telah mengenal perusahaan sejak lama, maka dari itu berikan waktu untuk mereka belajar. Lakukan pengulangan informasi hingga mereka mengerti, dan minta mereka lakukan apa yang telah diajarkan. Hindari penjelasan dengan cara mendikte dan menggurui. Berikan pujian dan umpan balik positif untuk memperkuat motivasi karyawan baru dalam bekerja. Koreksi kesalahan mereka dengan bijak di awal bekerja. Wajar karena mereka memasuki lingkungan baru, hal-hal yang baru, dan beri mereka kesempatan beradaptasi.
4. Ciptakan lingkungan bekerja yang edukatif
Rencanakan dan buat jadwal training rutin dan jelas untuk membantu mereka meningkatkan kompetensi mereka, dan membantu mereka menguasai kompetensi dan skill yang dibutuhkan untuk bekerja di tempat Kalian. Ini akan membantu mereka beradaptasi dengan segera.
Diantaranya adalah dengan membangun hubungan dengan karyawan baru. Luangkan waktu untuk berbincang dengan mereka, mengenai hobi dan minat, keluarnya, dan jangan sungkan menceritakan diri Kalian sendiri. Dalam pelatihan, Kalian memperlakukan karyawan baru sebagaimana Kalian ingin diperlakukan.
Semangat bekerja! Tunggu apalagi?!! Apply yuk!! Untuk info kerjasama outsourcing kamu bisa hubungi contact person kami di website ini atau kunjungi laman sosmed Haswara, kami tunggu.
Sumber: https://www.mitologiinspira.com/membantu-adaptasi-karyawan-baru/