Hallo Kawan Haswara
Kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari pekerjaan, karena pekerjaan merupakan mata pencaharian untuk bisa menghidupi diri sendiri, keluarga serta orang tua. Dan tak sedikit juga yang merasakan bahwa pada saat mengerjakan suatu pekerjaan itu tidak kunjung selesai serta tidak sesuai dengan ekspektasi sehingga menjadikan burn-out. Apabila hal tersebut terjadi pada Anda, maka bisa dijadikan bahwa masalahnya terletak pada efisiensi kerja. Berikut merupakan 5 tips untuk meningkatkan efisiensi kerja:
1. Menentukan Tujuan yang Realitistis
Tujuan realistis merupakan sesuatu yang dapat diraih dengan pikiran, tingkat motivasi, jangka waktu, kemampuan serta skill yang telah dimiliki. Tujuan yang realistis dapat mempermudah Anda dalam menentukan apa saja yang ingin serta dicapai dalam hidup. Untuk menentukan tujuan realistis, Anda dapat menggunakan pendekatan “SMART” yang terdiri dari Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-based.
2.Time Management
Time management yang efektif dapat menjadikan pekerjaan Anda lebih efisien serta terorganisir, untuk dapat membuat time management, anda dapat membagi kegiatan sehari-hari dalam sebuah potongan atau chunking serta mengeksekusinya pada waktu yang tepat serta sesuai dengan level energi yang dimiliki oleh Anda. Pilihlah kegiatan yang berat saat anda masih fresh serta kegiatan ringan saat energi anda mulai berkurang
3. Ciptakan lingkungan yang mendukung produktivitas
Tempat kerja yang nyaman dan bersih dapat meningkatkan produktivitas pekerja, meningkatkan motivasi serta mood. Sehingga, penting bagi Anda untuk memperhatikan kenyamanan serta kebersihan tempat kerja Anda seperti meletakkan tanaman di meja atau mendengarkan musik favorit.
4. Hilangkan Distraksi
Bekerja menggunakan komputer serta jaringan internet membuat seseorang lebih sering terdistraksi. Selalu ada godaan untuk membuka social media seperti instagram, scrolling TikTok, atau sekedar menonton video iklan di YouTube. Untuk mengurangi distraksi dan membuat pekerjaan lebih efisien, Anda bisa menonaktifkan media sosial atau meng install software pembatas waktu di komputer atau smartphone Anda.
5. Istirahat yang Cukup
Merasa penat dan cepat hilang fokus bisa jadi tanda bahwa tubuh dan otak Anda sedang butuh istirahat. Memenuhi tugas sesuai deadline memang penting, namun kesehatan tubuh dan mental Anda jauh lebih berharga. Overworking atau terlalu banyak bekerja merupakan permasalahan serius yang harus dihindari.
Dalam sebuah penelitian dinyatakan bahwa orang-orang yang bekerja di atas 54 jam seminggu memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Overworking juga tidak efektif karena dengan kondisi tubuh dan mental yang tidak optimal, produktivitas kerja akan menurun. Istirahat yang cukup dapat meningkatkan efisiensi kerja karena dengan kondisi tubuh yang bugar, kemampuan untuk fokus akan meningkat.