Akan ada waktunya suatu perusahaan tidak berperforma secara maksimal. Padahal mereka memiliki tim yang berpengalaman, teknologi yang baik, dan ketersediaan modal yang mencukupi tetapi justru berada di belakang pesaing-pesaing mereka. Keadaan ini mungkin terjadi ketika perusahaan gagal mencapai kerja sama tim yang maksimal. Berikut 5 hambatan yang membuat tim menjadi tidak kohesif dan efektif:
1. Kurangnya kepercayaan antar anggota tim.
2. Ketakutan terhadap konflik.
3. Kurangnya komitmen dalam tim.
4. Menghindari pertanggungjawaban.
5. Ketidakpedulian terhadap hasil yang diperoleh tim.
Jika tim mengalami hambatan diatas, langkah apa yang bisa tim lakukan? Berikut 5 tips yang dapat digunakan untuk membangun kerjasama tim, yaitu:
1. Bangun kepercayaan dalam tim
Untuk memiliki kepercayaan terhadap satu sama lain, anggota tim dituntut untuk menampilkan sisi rentan mereka dan yakin bahwa sisi rentan mereka tidak akan digunakan untuk merugikan mereka.
2. Atasi rasa takut terhadap konflik
Tim yang terlibat dalam konflik produktif menyadari bahwa tujuan dari konflik adalah untuk menghasilkan solusi terbaik dalam waktu sesingkat mungkin. Mereka berani untuk berdiskusi sehingga menyelesaikan masalah dengan cepat dan menyeluruh. Konflik yang baik adalah dengan mendengarkan orang lain dan mempertimbangkan sudut pandangnya.
3. Tumbuhkan komitmen dalam tim
Komitmen akan terwujud ketika ada kejelasan dan penerimaan terhadap perencanaan dan keputusan tim. Dengan dua hal tersebut, setiap anggota tim dapat menyelesaikan meeting atau diskusi dengan keyakinan bahwa setiap anggota tim akan menjalankan keputusan yang telah disepakati bersama.
4. Jalankan pertanggungjawaban dalam tim
Pertanggungjawaban menunjukkan bahwa anggota tim saling menghormati dan memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap performa satu sama lain. Meminta pertanggungjawaban dari setiap anggota tim merupakan bentuk motivasi untuk meningkatkan performa dan mempertahankan standar tinggi dalam tim.
5. Fokuskan atensi pada hasil yang perlu diraih tim
Anggota tim akan lebih fokus pada hasil yang perlu diperoleh tim jika ada definisi jelas mengenai hasil yang perlu dicapai dan pemberian penghargaan kepada performa yang berkontribusi pada hasil tersebut.
Demikian informasi mengenai 5 tips membangun kerja sama tim yang baik. Dapatkan juga informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu, Tunggu apalagi? silahkan kunjungi Instagram kami Haswara.Official sekarang juga!