Hallo Kawan Haswara,
Sebuah iklan atau postingan pada social media dituntut untuk menyajikan sebuah konten yang meyakinkan serta membuat para audiens tertarik untuk melihat dan menikmati konten tersebut. Salah satu cara untuk dapat menyajikan sebuah konten yang menarik tersebut bisa menggunakan copywriting dengan teknik persuasi. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat digunakan untuk menghasilkan copywriting dengan menggunakan teknik persuasi:
1. Fokus pada manfaat yang ingin ditawarkan
Jika kamu ingin membujuk konsumen, kamu harus memberi tahu apa yang bisa mereka dapatkan. Apa produkmu? Apa fungsinya? Untuk siapa produkmu ditujukan? Menurut Copy Blogger, kamu harus berfokus pada hal tersebut jika menggunakan teknik persuasi dalam copywriting. Berikan gambaran umum dan sederhana, sekilas pandang tentang apa yang ditawarkan produkmu. Membuat copy yang persuasif berarti berfokus pada manfaat dibandingkan fitur.
2. Buatlah copy yang spesifik
Copy yang persuasif tidak menggunakan generalisasi. Ini karena kebanyakan audiens tidak bisa terhubung dengan generalisasi. Alih-alih mendengar bahwa “banyak” orang berlangganan blog, audiens lebih ingin mendengar bahwa jutaan orang telah mendaftar. Tulislah copy sespesifik mungkin dalam berbagai aspek.Hindari menggunakan kata yang berpotensi menimbulkan kesan ambigu. Kamu juga bisa menggunakan data statistik sebagai penunjang.
3. Pikat emosi audiens
Copy yang persuasif adalah copy yang emosional. Saat audiens terhubung secara emosional dengan sebuah konten, mereka cenderung akan mengingatnya, bahkan setelah konten tersebut menghilang dari layar mereka. Bersumber dari Sleeknote, konten yang menarik bagi emosi penonton adalah hal yang sangat kuat. Selain membuat koneksi yang bertahan lebih lama dari iklan itu sendiri, menarik emosi manusia juga membuat kontenmu jauh lebih persuasif.
4. Gunakan word of mouth
Umumnya, konsumen cenderung menggunakan produk yang direkomendasikan oleh orang yang mereka kenal. Strategi word of mouth ini juga bisa kamu andalkan ketika melakukan copywriting dengan teknik persuasi. Strategi ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada brand dan produkmu. Ketika mereka melihat bahwa ada banyak orang yang memberikan ulasan positif, mereka kemungkinan besar akan mempercayainya. Selain itu, strategi ini dapat membantumu menampilkan diri sebagai brand yang kompeten, profesional, berpengalaman, yang akan meningkatkan faktor persuasif.
5. Pastikan kamu juga merasakan efek persuasif dari copy
Kalau kamu ingin teknik persuasi dalam copywriting, kamu juga harus merasakan efek dari persuasi tersebut. Jika kamu tidak bisa merasakannya, kemungkinan besar audiensmu juga tidak merasakannya. Kecuali jika kamu merasakan tingkat kegembiraan dan keyakinan yang autentik tentang suatu topik, topik tersebut tidak akan menarik bagi audiensmu. Kamu bisa mempertimbangkan apa fitur dari produkmu yang dapat mempengaruhi konsumenmu. Fitur apa saja yang membedakannya dari kompetitor.
Semangat bekerja! Tunggu apalagi?!! Apply yuk!! Untuk info kerjasama outsourcing kamu bisa hubungi contact person kami di website ini atau kunjungi laman sosmed Haswara, kami tunggu.
Sumber: https://glints.com/id/lowongan/teknik-persuasi-copywriting/